Jurusan Psikologi BINUS dipercaya oleh KEMENDIKBUD untuk melanjutkan program kompetisi kampus merdeka tahun kedua. Fokus kegiatan yang dirancang pada tahun kedua ini berfokus pada pengembangan mahasiswa dan masyarakat sebagai salah satu upaya mensejahterakan bangsa. Mari kita lihat keseruan rangkaian kegiatan PKKM tahun kedua!

Kegiatan pertama berupa penguatan dan pengembangan softskill mahasiswa, yang digawangi oleh Moondore Madalina Ali, B.Sc., M.Sc., Ph.D. Kegiatan terkait softskill ini terdiri dari dua aktivitas, yaitu pemantapan pengukuran softskill dan pengembangan softskill mahasiswa. Pemantapan pengukuran softskill ini bertujuan untuk menghasilkan norma. Untuk mendukung tercapainya tujuan ini dilakukan FGD dengan ahli di bidang psikometri dan pengambilan data pada karyawan. Dosen yang terlibat dalam pemantapan pengukuran softskill ini adalah Greta Vidya Paramita, M. Psi., Psikolog, Raymond Godwin, S.Psi., M.Si., dan Yan Andre Peranginan, M. Psi., Psikolog.

Pengembangan softskill mahasiswa dilakukan dengan mengadakan workshop untuk mahasiswa. Pelaksanaan berbagai workshop pengembangan softskill mahasiswa dipimpin oleh Budi Sulaeman, S.Psi., M.Si., yang dibantu oleh Dra. Lisa Ratriana Chairiyati, M.Si., Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psikolog, Moondore Madalina Ali, B.Sc., M.Sc., Ph., dan Angela Dyah Ari Pramastyaningtyas, B.A., M. A., Ph.D. Terdapat delapan workshop yang diselenggarakan untuk mahasiswa di semester 1, 3, 5, dan 7, yaitu: Bincang-Bincang Inspiratif 1  bersama alumni (Yulius Tedjo Prawiro, S.Psi.) dan Bincang-Bincang Inspiratif 2 bersama Websis for Edu; Berpikir Kritis dan Kreatif bersama PT. PLN (Teguh Widhi Harsono, S.E., M.Fin., ORGP), Work Ethics Implementations bersama Transforma, Bussiness Etiquete & Public Speaking Skills dan Boost Your Confidence & Personal Branding Skills bersama Talk Inc., Helping Myself to Prepare for University Life dan Helping Myself to Prepare for The World of Work bersama Lumina Indonesia.

Kegiatan kedua berupa pengembangan strategi pembelajaran inovatif berbasis individu dan teknologi. Muhammad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si., Ph.D. menjadi koordinator pada kegiatan ini. Terdapat dua aktivitas terkait dengan pengembangan strategi pembelajaran inovatif berbasis individu dan teknologi, yaitu: 1) projek independen pengembangan dan penerapan pembelajaran berbasis Differential Instruction (DI), 2) projek independen di area Psikolodi dan teknologi.

Aktivitas projek independen pengembangan dan penerapan berbasis DI berfokus pada dua kegiatan besar. Kegiatan pertama adalah implementasi DI di tiga universitas mitra yang terletak di Indonesia timur, yaitu Universitas Cendrawasih Papua, Universitas Pattimura Ambon, dan Universitas Hasanuddin Makassar. Beberapa dosen dan mahasiswa memberikan pelatihan DI untuk dosen-dosen di tiga universitas tersebut. Kegiatan kedua adalah riset terkait implementasi DI. Selain dosen, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa. Bahkan dari kegiatan ini mahasiswa mendapat kesempatan untuk mempresentasikan paper di konferensi internasional. Kegiatan ini dapat berjalan atas kontribusi dari Muhammad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si., Ph.D., Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi., M.A., Melly Preston, S. Psi., M.Si., dan Annisa Nanda Liyani, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Aktivitas projek independen di area Psikologi dan teknologi dikoordinir oleh Dr. Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi., M.Psi., dan dibantu oleh Aryo Edhie Nugroho, S.Psi., M.Sc. Selain dosen, mahasiswa juga terlibat dalam pelaksanaan aktivitas ini. Kegiatan utama yang dijalankan adalah menciptakan ruang virtual reality (VR) untuk mata kuliah Biopsychology. Dalam pembuatan ruang VR ini tim juga melibatkan para ahli di bidang neuropsikologi dan VR untuk mendapatkan insight.

 

Penulis: Rahmadina Syarafina Wibowo, S. Psi, dan Dr. Rani Agias Fitri, M.Si., Psikolog