Semangat Tri Dharma BINUS tercerminkan pada pencapaian jurusan Psikologi dalam meraih hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). PKKM merupakan ajang kompetitif bagi seluruh universitas ternama di Indonesia yang diadakan oleh Kemdikbudristek. Program ini ditujukan untuk mengembangkan mutu pendidikan yang berkelanjutan; mulai dari kurikulum, pengajar, hingga karakter mahasiswa yang inovatif berbasis pendekatan individu. Keberhasilan PKKM tahun pertama mengharumkan jurusan Psikologi BINUS yang dipercayakan untuk melanjutkan hibah PKKM tahun kedua.

Pada tahun sebelumnya, jurusan psikologi melaksanakan dua aktivitas: (1) Analisa Strategis dan Pengembangan Softskills Mahasiswa ; (2) Pengembangan Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis Individu dan Teknologi. Keseluruhan pelaksanaan PKKM 2021 dinyatakan berhasil membangun pondasi dalam peningkatan softskill mahasiswa yang menjadi kualitas lulusan (graduate attributes) di Universitas Bina Nusantara atau BGA; diantaranya dalam bentuk coaching, program sertifikasi praktisi berbasis kepribadian, program sertifikasi Psychological First Aid, pemetaan dan instrumentasi softskill mahasiswa yang valid, serta modul pengembangan softskill. Selain itu, peningkatan kompetensi dosen juga menyasar pada pengembangan teknologi, kesejahteraan, dan masyarakat melalui Eyetracker (kaitan antara mata dan kondisipsikologis/Pupilometri) dan pelatihan Differentiated Instruction kepada guru-guru di sekolah yang menjadi mitra.

Hasil pencapaian tersebut  PKKM tahun kedua, yaitu: (1) Penguatan dan Pengembangan Softskill Mahasiswa; (2) Pengembangan Program Enrichment Jalur Projek Independen Dalam Bimbingan. Pemetaan softskills ditunjang dengan workshop guna membangun karakter mahasiswa yang lebih lebih adaptif dalam menghadapi perubahan serta memiliki pemikiran yang terbuka dalam kancah DUDI Global. Mengaplikasikan keilmuan Psikologi mahasiswa dalam pengembangan Differentiated Instruction dan Virtual Reality. Menariknya, dosen dan mahasiswa berkompetensi dalam memfasilitasi pelaksanaan Differentiated Instruction kepada tiga mitra di Indonesia Timur.

Penulis: Rahmadina Syarafina Wibowo, S. Psi.