Presentasi Progress Modul VR Ruang Otak

Pada tanggal 17 November 2022 Tim VR (Virtual Reality) Project yang beranggotakan Dwirizki Andara, Prayudha Tri Utomo dan Thalita Mathilda Kodoati serta ditemani dosen pembimbing Dr. Pingkan C. B. Rumondor, S.Psi, M.Psi mempresentasikan laporan kemajuan modul VR Ruang Otak. Kegiatan ini merupakan bagian dari Kegiatan Proyek Independen di Area Psikologi & Teknologi: Pengembangan Ruang VR yang didanai oleh Hibah Kampus Merdeka tahun 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan desain instruksional penggunaan dan prototipe VR Ruang Otak, keterlibatan mahasiswa dalam proyek pengembangan aplikasi VR Ruang Otak, sehingga dapat meningkatkan presentase mahasiswa program sarjana yang menghabiskan paling tidak 20 sks di luar kampus. Terakhir, kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan kerjasama dengan partner Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang sesuai dengan visi misi Jurusan Psikologi.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Psikologi Ibu Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psi., sekretaris Jurusan dan dosen pengajar Biopsychology yaitu Dr. Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A., (Deputy Head of Psychology Department – Kemanggisan), Aryo Edhie Nugroho, S.Psi., M.Sc., Greta Vidya Paramita, M.Psi.,Psikolog., Dr. Rani Agias Fitri, S.Psi, M.Si.,Psikologi, Bang Raymond Godwin, S.Psi., M.Si, dan Bapak Muhamad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si, Ph.D,. Presentasi dibuka oleh anggota tim mahasiswa magang, Prayudha yang membicarakan Storyboarding dan progress VR. Topik pertama yang disampaikan oleh Prayudha merupakan learning outcome dari VR Ruang Otak. Lalu Prayudha lanjut menjelaskan tentang backstory dan alur dari ruang VR. Prayudha juga menjelaskan asset-asset yang dibutuhkan untuk VR ruang otak dan juga asset -asset yang sudah di belikan dan sudah berproses pada Shinta VR. Presentasi oleh Prayudha diakhiri dengan menjelaskan daftar isi dari modul pembelajaran, yang didasarkan metode DI (Differentiated Instruction).

.

Setelah itu presentasi dilanjutkan oleh Dwirizki. Dwirizki menjelaskan tentang teori landasan yang digunakan didalam merancang modul ruang VR otak, Teori yang digunakan berupa DI. Dwirizki menjelaskan bahwa tim VR menggunakan area-area yang ada di dalam teori DI untuk merancang alur pembelajaran VR area-area tersebut berupa 1) Content 2) Process 3) Product dan (4 Learning Environment. Dwirizki meneruskan menjelaskan alur yang digunakan pembelajaran biopsikologi dalam menggunakan VR ruang otak.

Dwirizki melanjutkan dengan menjelaskan lebih dalam mengenai proses alur VR, ada 3 fase alur yang ditentukan oleh Dwirizki yang pertama merupakan Mini Games. Dwirizki menjelaskan fase Mini Games merupakan fase dimana mahasiswa akan bermain sambil belajar.Lalu Dwirizki melanjutkan dengan menjelaskan Quiz, Dwirizki menjelaskan didalam tiap level Quiz berisi 10 nomor namun perbedaanya berada pada difficulty dan bentuk quiznya. Terakhir, Dwirizki menjelaskan tentang tugas yang diberikan kepada mahasiswa setelah mahasiswa mengerjakan Quiz,hasil dari tugas itu sendiri dapat berupa empat bentuk pengumpulan. Lalu Dwirizki mengakhiri dengan menjelaskan pertanyaan refleksi yang diberikan kepada mahasiswa setelah mereka menyelesaikan tugas dan juga membuka sesi tanya jawab bersamaan dengan meminta input para dosen yang hadir.

Ada beberapa pertanyaan dan juga input dan masukan yang diberikan para dosen kepada Tim VR Ruang Otak. Bapak Nanang banyak memberikan masukan terhadap isi konten yang telah dibuat Tim VR, Sementara Ibu Rani memberikan masukan kedalam fase Quiz. Sesi tanya jawab di akhiri dengan input dari Bang Raymond yang memberikan masukan kepada penggunaan dan pemilihan bahasa pada storyboard. Pertemuan di akhiri dengan Ketua Jurusan Yth. Ibu Esther memberikan apresiasi kepada hasil kerja Tim VR Ruang otak.

 

Penulis: Dwirizki Andara

Editor: Dr. Pingkan C. B. Rumondor, S.Psi, M.Psi