Pada hari Minggu, 9 Januari 2022, dua orang dosen jurusan Psikologi BINUS yaitu Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog dan Nangoi Priscilla Francis, M.Psi, Psikolog diundang menjadi pembicara untuk mengisi kuliah tamu di Universiti Sarawak Malaysia (UNIMAS). Universiti Sarawak Malaysia merupakan universitas negeri yang berlokasi di Kota Samarahan, Sarawak, Malaysia. Kuliah tamu tersebut mengangkat topik telekonseling dan dilaksanakan melalui Microsoft Teams. Topik telekonseling dipilih mengingat meningkatnya demand dan supply untuk telekonseling selama beberapa tahun terakhir. Peserta kuliah tamu ini merupakan mahasiswa psikologi tahun pertama Universiti Sarawak Malaysia (UNIMAS).

 

Kuliah tamu dimulai pada pukul 14.00 WIB, diawali dengan pembukaan oleh Bapak Azhari perwakilan Universiti Sarawak Malaysia (UNIMAS). Lalu dilanjutkan dengan pembahasan materi oleh pembicara . Pembicara menjelaskan mengenai telekonseling secara umum serta adanya peningkatan demand dan supply untuk telekonseling ini dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Pandemi membatasi pergerakan semua individu untuk bekerja, sekolah, bersosialisasi, dan mengakses bantuan profesional tenaga kesehatan. Kebutuhan individu terhadap bantuan tenaga profesional kesehatan mental pun terhambat selama pandemi ini.

 

Situasi tersebut menjadikan telekonseling sebagai solusi inovatif untuk menangani kebutuhan yang tidak terpenuhi mengenai bantuan profesional tenaga kesehatan mental. Telekonseling mengacu pada layanan konseling psikologis yang dilakukan ketika psikolog dan klien tidak di tempat yang sama dengan memanfaatkan berbagai jenis moda telekomunikasi dalam pelaksanaannya. Dengan keuntungan yang ditawarkan telekonseling seperti memudahkan individu untuk mengakses tenaga profesional kesehatan mental selama pandemi, mengurangi hambatan transportasi, relatif lebih murah bila dibandingkan dengan konseling tatap muka, fleksibilitas serta privasi; membuat fenomena telekonseling semakin memarak akhir-akhir ini.

Selama kuliah tamu ini pembicara beberapa kali mengajak diskusi peserta, mengenai pengetahuan peserta terhadap pengertian telekonseling, contoh bentuk telekonseling, alasan penggunaan telekonseling, dan lain-lain. Selain membahas mengenai fenomena maraknya penggunaan telekonseling akhir-akhir ini, pembicara membahas Guidelines for the practice of telecounseling, yang merupakan pedoman pelaksanaan telekonseling yang disusun oleh American Psychological Association. Pembicara juga membahas pedoman teknis pelaksanaan telekonseling, dan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan ketika melaksanakan telekonseling. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta, refleksi, sesi foto bersama, dan penutupan.