Universitas Bina Nusantara Bekasi Campus telah melaksanakan beberapa trial class, untuk beberapa SMA yang berlokasi di kawasan Bekasi dan sekitarnya. Trial class diharapkan dapat membawa dampak positif bagi para siswa untuk memberi motivasi diri dalam rangka melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Pada hari Kamis, 28 Juli 2022, kegiatan trial class BINUS Bekasi dihadiri oleh para siswa SMA Pangudi Luhur Bekasi. SMA Pangudi Luhur merupakan Lembaga Pendidikan swasta Katolik yang berada di bawah naungan Yayasan Pangudi Luhur yang terdiri dari unit SD, SMP, dan SMA yang berada di Jl. Raya KP. Sawah, Pabuaran, Jatimurni, Pondok Melati, Kota Bekasi.

SMA Pangudi Luhur didirikan pada tahun 1965 oleh Yayasan Pangudi Luhur yang merupakan badan pembantu para Bruder Kongregasi Santa Perawan Terkandung Tak Bernoda (FIC) dalam bidang karya Kerasulan Pendidikan. Tak hanya berkeliling lingkungan kampus, pada prosesi trial class, BINUS juga mempersiapkan materi psikologi mengenai management stress yang berjudul “Teknik Relaksasi Anti Stres” untuk para siswa yang berkunjung. Tema manajemen stres dipilih dikarenakan fenomena stress merupakan permasalahan umum yang kerap menjadi concern pada lingkungan masyarakat, khususnya anak yang masih duduk di bangku sekolah. Pemicu dari stres itu sendiri juga dapat berbeda-beda pada setiap orangnya, bisa timbul dari permasalahan internal, maupun eksternal individu.

Dampak dari stres itu sendiri dapat menjadi suatu permasalahan besar apabila tingkatan stres yang dimiliki seseorang begitu tinggi, dikarenakan dapat memberikan dampak negatif pada diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dalam lingkungan akademik, stres merupakan fenomena yang paling sering dialami oleh para siswa, baik yang masih duduk di bangku sekolah maupun perguruan tinggi. Hal ini terjadi karena banyaknya tuntutan akademik yang harus dihadapi, seperti ujian, tugas-tugas, presentasi, dan masalah lainnya. Sejumlah penelitian menemukan bahwa siswa yang mengalami stres akan cenderung menunjukkan kemampuan akademik yang rendah.

Modul psikoedukasi yang dipresentasikan dalam kegiatan ini terdiri dari gambaran stres secara umum, gejala fisik, gejala emosi, gejala perilaku, cara mengatasi dan mengelola stres, coping, dan teknik relaksasi. Materi psikoedukasi dibuat berdasarkan studi literatur dari beberapa buku dan jurnal terkini. Pemaparan materi disampaikan oleh Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi, M.Psi dan Dra. Lisa Ratriana Chairiyati, M.Si. yang merupakan dosen psikologi BINUS. Acara diisi dengan berbagai fakta menarik mengenai stres, tips mengelola stres, praktisi, video, dan masih banyak lagi. Kegiatan berlangsung disambut dengan rasa antusiasme yang tinggi oleh para siswa. Pengisian waktu luang untuk para siswa ini sangatlah bermanfaat, karena manfaat yang didapatkan tak hanya berkenalan dengan lingkungan kampus BINUS Bekasi, tetapi siswa juga memperoleh wawasan baru dan pengetahuan dasar mengenai jurusan psikologi, yang memberikan siswa pengalaman unik tak terlupakan.

 

Penulis: Ananda Vidyawati Usman, Ni Putu Diah Sekar Ayu Nirmala

Editor: Pingkan C. B. Rumondor