Manajemen stres merupakan intervensi yang dilakukan individu untuk bisa menjalani hidup yang lebih sehat dan produktif di kehidupan sekolah, bekerja, dan bersosialisasi  karena dapat mengelola stres dengan baik. Terdapat banyak orang yang tidak memiliki atau kurang bisa dalam mengatur stres, mulai dari remaja sampai orang dewasa. Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa, yang ditandai dengan masa pubertas. Pada masa ini, mereka sedang mengalami masa penyesuaian dengan lingkungan sekitarnya, yang memiliki banyak perubahan. Oleh karena itu stres merupakan hal lumrah  yang dialami oleh setiap individu. Namun perasaan tersebut harus dapat dikelola dan jangan sampai berlangsung dengan jangka waktu yang cukup lama karena dapat berpengaruh pada kesehatan masing-masing individu.

Remaja yang juga adalah siswa Sekolah Menengah Akhir (SMA) memiliki tingkat stres yang cukup tinggi. Salah satu  tekanan yang harus dilewati antara lain adalah beberapa ujian atau test yang harus dilaksanakan untuk lanjut ke jenjang berikutnya. Mereka harus menjalani tes kelulusan (Ujian Nasional/UN), tes masuk ke Perguruan Tinggi, tes masuk daftar pekerjaan, belum lagi siswa/i yang memiliki kegiatan di luar jam sekolah.  Maka dalam membantu para pelajar SMA Yos Sudarso Karawang melakukan kunjungan ke kampus  BINUS University Bekasi dan menjalani trial class dengan memilih Jurusan Psikologi yang ada di Universitas Bina Nusantara untuk memberikan psikoedukasi mengenai manajemen stres.

Pada trial class, narasumber Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi, M.Psi membahas ciri-ciri apa saja yang ditunjukan oleh individu yang mengalami stres, bagaimana cara mengontrol nya, tahap atau proses apa saja yang harus dilakukan dalam mengatasi stres serta pembicara  juga melampirkan serta mencoba memberi contoh dan mempraktekkan bersama peserta tentang bernafas perlahan, untuk membantu pelajar SMA Yos Sudarso Karawang meredakan cemasdan merasa rileks. Psikoedukasi ini dilaksanakan secara onsite dengan datang langsung ke Kampus Universitas Bina Nusantara di Region Bekasi pada 6 Agustus 2022 yang lalu.

 

Penulis: Ni Putu Diah Sekar Ayu Nirmala, Maria Yumna Mahasin, Ayu Lestari

Editor: Pingkan C. B. Rumondor