Karena pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, berbagai kampus di seluruh Indonesia sudah kembali memulai kegiatan belajar mengajar mereka secara tatap muka. Puluhan hingga ratusan institusi pendidikan membuka gedung mereka yang terlantar, dan siap untuk menyambut keramaian serta hiruk-piruk mahasiswa. 

Binus University tidak ketinggalan! Semester ini, para mahasiswa masuk kuliah secara tatap muka, walau masih dengan pembatasan. Jadi, beberapa mata kuliah masih dilakukan secara online, tetapi mahasiswa sudah diwajibkan masuk ke kampus untuk menghadiri mata kuliah yang onsite. 

Karena angkatan 2020(Binusian 24) dan angkatan 2021(Binusian 25) belum pernah melakukan orientasi atau masa pengenalan kampus secara tatap muka, banyak mahasiswa pada kedua angkatan ini tidak familiar dengan lingkungan kampus. Karena itu, Binus University mengadakan acara WELCOME [BACK] TO CAMPUS di kampus region Bekasi, Semarang, Alam Sutera, Bandung, Malang dan juga Kemanggisan. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk  bersosialisasi secara onsite, mengenal lingkungan dan fasilitas kampus, mengenal pengelola program/prodi, dan mendapatkan informasi penting sesuai dengan kebutuhan.  Acara ini diadakan pada tanggal 20-23 September 2022. Binusian dapat datang ke kampus dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore pada tanggal-tanggal tersebut, menyesuaikan dengan jadwal masing-masing. 

Jurusan psikologi ikut mengambil andil dalam memeriahkan acara ini loh! Tim dari Lab Psikologi Kemanggisan menghadirkan Ruang Interaktif Psikologi di kampus Kijang, ruangan A103. Dalam ruangan ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mencoba berbagai alat eksperimen yang digunakan dalam penelitian psikologi, diantaranya yaitu, eye tracker, JASP, Reaction Time, Attention Distraction tool, dan Lumina Personality game. Selain alat-alat eksperimen, kami juga memutar video jurusan psikologi(terus-menerus) lewat proyektor dan memajang buku-buku psikologi di bawah papan tulis. 

Tim lab psikologi Kemanggisan menyiapkan berbagai apparatus psikologi dan simulasi eksperimen yang bisa dicoba oleh murid-murid. Berikut adalah aparatus psikologi bernama Attention Distraction:

Hari Selasa, yaitu hari pertama acara, merupakan hari yang paling ramai. Tim Lab Psikologi dibantu oleh seorang intern yaitu Zigha B23, dan tiga anak HIMPSIKO(Himpunan Mahasiswa Psikologi) yaitu Kezia, Rafli, dan Abel. Di awal hari pertama, Lab psikologi belum menyiapkan Lumina Personality game. Namun, setelah makan siang, Lumina Personality game ini disediakan untuk dicoba dan langsung menjadi salah satu atraksi yang naik daun bagi murid-murid. Karena Lumina Personality game ini membutuhkan waktu yang lama untuk dimainkan, Kepala Jurusan Psikologi, Bu Esther, mengembangkan versi singkatnya dengan hanya menggunakan 8 kartu saja. Versi singkat inilah yang digunakan sampai hari terakhir acara. 

Para panitia dari acara WELCOME [BACK] TO CAMPUS ini diberikan kupon makanan yang bisa ditukar dengan makan siang di stand makanan pilihan masing-masing. Panitia dan juga peserta dapat membeli makan siang dari kantin, atau kios-kios yang mempromosikan brand mereka melalui acara ini.

Hari kedua. Di pagi hari, ruangan A103 cenderung sepi, tetapi kemudian di siang hari orang-orang mulai berdatangan. Tim Lab Psikologi, Kak Lulu, Kak Prita, dan Mas Wisnu kembali berjaga di hari kedua dibantu dengan anak-anak intern dan HIMPSIKO. Anak intern yang menjaga ruangan hari ini ada dua, yaitu Jessica dan Ellena, sementara anak HIMPSIKO yang volunteer berjaga juga dua orang, yaitu Laisya dan Ayesha. Hari ini, Binus melakukan sedikit improvisasi dari hari pertama. Peserta acara diberikan quest/game untuk dimainkan. Game ini mendukung tujuan dari acara, yaitu mengenal lingkungan kampus. Peserta harus mendatangi kelas-kelas yang membuka pameran kemudian mengumpulkan secret code dari setiap jurusan yang ada. Berikut video keadaan Ruang Interaktif Psikologi di hari kedua: 

 

Di hari ketiga, Lab Psikologi masih membuka ruangan A103 untuk pameran. Anak intern yang jaga hari ini adalah Cahya, sementara anak HIMPSIKO-nya ada dua, yaitu Zara dan Rika. Penulis tidak datang di hari ketiga, jadi tidak bisa memberikan detail acara.

Hari terakhir. Hari Jumat tanggal 23 September. Kak Budi ikut berjaga di A103 bersama dengan Kak Lulu dan Kak Prita, sementara Mas Wisnu tidak datang pada hari terakhir. Kami juga sempat kedatangan alumni psikologi Binus(anak B22) yang berkunjung ke pameran kami dan melihat-lihat situasi. Di hari terakhir dari acara WELCOME [BACK] TO CAMPUS, ruangan A103 cukup ramai, hampir menyamai keramaian pada hari pertama. 

Menjelang penghujung acara, buku-buku psikologi yang dipajang dibawah papan tulis diberikan kepada peserta dan panitia sebagai kenang-kenangan dari acara ini.