Kerja sama antara Binus University dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura  mengenai kegiatan workshop Differentiated Instruction (DI) yang dilaksanakan pada tanggal 13 September 2022. Kegiatan ini diselenggarakan secara on-site di Ruang Laboratorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura yang dihadiri oleh para dosen, dekan dan wakil  dekan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura sebanyak 80 orang. 

Dalam kegiatan workshop pembelajaran diferensiasi ini dihadiri oleh dua pembicara dari Binus University yaitu Bapak Muhamad Nanang Suprayogi sebagai pembicara pertama dan Ibu Andrea Prita Purnama Ratri sebagai pembicara kedua.  Pada kegiatan ini Bapak Muhamad Nanang Suprayogi membawakan materi mengenai “Differentiated Instruction dan Penerapannya Dalam Pembelajaran”, membahas apa itu Differentiated Instruction, bagaimana cara penerapannya dalam pembelajaran dan hasil dari penerapan Differentiated Instruction. Pembicara kedua yaitu Ibu Andrea Prita membahas mengenai “How to Implement Differentiated Instruction in Higher Education”, menjelaskan langkah-langkah pembelajaran diferensiasi, contoh implementasi dan bagaimana cara membuat lesson plan. Tak hanya itu, kegiatan ini pun memberikan sebuah permainan kepada partisipan agar kegiatan ini menyenangkan dengan menggunakan aplikasi Kahoot yang bertujuan sebagai contoh dari penerapan Differentiated Instruction.  

Setelah memaparkan dua materi dari kedua pembicara kegiatan selanjutnya ialah membuat lesson plan secara berkelompok. Para partisipan yang hadir pada kegiatan tersebut diminta untuk membentuk kelompok sebanyak 12 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang untuk membuat lesson plan pada mata kuliah yang disepakati di dalam kelompok. Alat-alat yang digunakan untuk membuat lesson plan seperti flipchart dan spidol yang telah dipersiapkan untuk masing-masing kelompok. Kegiatan selanjutnya adalah 4 kelompok mempresentasikan hasil lesson plan yang telah dibuat. 

Kegiatan workshop tersebut berjalan dengan lancar dan menyenangkan kemudian ditutup dengan pemberian plakat kepada pembicara dan sertifikat kepada partisipan maupun pembicara.