BINUS University melakukan kerjasama dengan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon melalui Lecturer Sharing Session mengenai penerapan Differentiated Instruction (DI) di perguruan tinggi yang dilakukan pada tanggal 13 September 2022. Kegiatan ini dilakukan secara langsung di dalam Auditorium IAKN Ambon dan dihadiri oleh Bapak Rektor dan para dosen. Selain itu, IAKN Ambon juga mengundang beberapa mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan sharing ini melalui aplikasi Zoom. Acara Lecturer Sharing Session ini diisi oleh dua pembicara, yaitu Bapak Muhammad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si., Ph.D untuk materi pertama dan Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi., M.A. untuk materi kedua.  

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Bapak Rektor IAKN Ambon, yaitu Dr. Yance Zadrak Rumaruhu, S.Si., M.A dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Muhammad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si., Ph.D. Acara selanjutnya adalah penyampaian materi mengenai “Differentiated Instruction dan Penerapannya Dalam Pembelajaranyang disampaikan langsung oleh Bapak Muhammad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si., Ph.D. Dimana materi pertama ini menjelaskan mengenai apa itu Differentiated Instruction, bagaimana penerapannya di dalam kelas, aspek apa saja yang dapat diterapkan dalam diferensiasi di dalam kelas, dan seperti apa hasil yang didapatkan ketika melakukan penerapan Differentiated Instruction di dalam kelas. 

Setelah penjelasan materi pertama dari Bapak Muhammad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si., Ph.D selesai, adapun kegiatan icebreaking yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Kahoot yang bertujuan untuk mengenalkan salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran dengan berbasis Differentiated Instruction. Sangat terlihat jelas dari wajah para dosen dan jawaban yang diberikan oleh mahasiswa di dalam Zoom bahwa mereka sangat antusias terhadap aplikasi ini. Lalu, setelah icebreaking menggunakan Kahoot selesai, maka dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua yang dilakukan oleh Ibu Andrea Prita Purnama Ratri, S.Psi., M.A. yang menjelaskan mengenaiHow to Implement DI in Higher Educationatau lebih jelasnya adalah penjelasan mengenai bagaimana cara yang tepat untuk mengimplementasikan Differentiated Instruction di dalam kelas, serta memberikan contoh dalam pembuatan lesson plan yang akan digunakan untuk pembelajaran. 

Berikutnya ketika kedua materi telah selesai dijelaskan dan disampaikan barulah kedua pembicara membuka sesi Q&A mengenai Differentiated Instruction. Setelah kegiatan berjalan dengan lancar, kegiatan ditutup dengan melakukan kegiatan berdoa secara bersama-sama