Workshop pembelajaran diferensiasi (Differentiated Instruction) dimana workshop ini merupakan acara yang diadakan berdasarkan kerjasama antara Binus University dengan Universitas Hasanuddin, dan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2022. Kegiatan ini diselenggarakan secara tatap muka (offline) yang bertempat di Auditorium Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Workshop ini juga dihadiri oleh dosen-dosen dari Universitas Hasanuddin sebanyak 10 orang, dikarenakan bertepatan juga dengan penerimaan mahasiswa baru sehingga dosen-dosen yang dapat hadir juga tidak terlalu banyak. 

Di dalam kegiatan pada acara tersebut diisi dan dibawakan oleh dua pembicara yaitu Bapak Muhammad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si, Ph.D dan Ibu Melly Preston, S.Psi., M.Si. Pada kegiatan pertama dilakukan ice breaking untuk membuat dosen-dosen merasa rileks dengan satu sama lainnya sehingga ketika menyampaikan materi nantinya sudah merasa nyaman. Materi pertama mengenai Differentiated Instruction dibawakan oleh Bapak Muhammad Nanang Suprayogi yang membahas tentang “Penerapan Differentiated Instruction dalam Pembelajaran”, dan hal-hal yang dibahas dalam materi tersebut berkaitan dengan penjelasan differentiated instruction, bagaimana dan metode apa saja yang dapat digunakan untuk menerapkannya dalam pembelajaran serta hasil dari penerapan differentiated instruction yang ditunjukkan di kelas. Kemudian sebelum masuk ke materi selanjutnya diadakan ice breaking kedua dengan bermain kahoot untuk merilekskan pikiran dan membuat suasana ruangan menjadi bersemangat lagi. Setelah itu, materi mengenai differentiated instruction selanjutnya di bawakan oleh Ibu Melly Preston yang membahas mengenai “Contoh Implementasi Differentiated Instruction di Perguruan Tinggi”, hal-hal yang dibahas dalam materi tersebut berkaitan dengan langkah-langkah yang digunakan dalam melakukan diferensiasi dan salah satu contoh pengimplementasian differentiated instruction. 

Setelah diadakan pemaparan materi, kegiatan selanjutnya yaitu pembentukan 3 kelompok dimana masing-masing anggotanya terdiri dari 3-4 dosen. Masing-masing kelompok kemudian diminta untuk membuat lesson plan secara sederhana versi mereka berdasarkan materi yang telah dipaparkan sebelumnya oleh kedua pembicara serta topik mata kuliah yang telah disepakati dalam kelompok dan kemudian menuliskannya di flipchart yang telah di sediakan. Setelah selesai membuat lesson plan, setiap kelompok diminta untuk ke depan dan menjelaskan isi dari lesson plan yang telah mereka buat. 

Acara workshop tersebut berjalan dengan lancar dan kegiatan kemudian di tutup dengan penyerahan sertifikat kepada partisipan dan juga pembicara.