Negative Self Talk

Pernahkah kamu merasa seperti ada suara kecil dalam dirimu sendiri seperti sedang berbicara padamu baik itu memotivasi dirimu ataupun membuatmu merasa insecure? Jika suara tersebut membuatmu merasa insecure dan merasa perasaan negatif lainnya maka hal tersebut dapat disimpulkan sebagai negative self talk.

Negative self talk merupakan sebuah percakapan yang dilakukan dengan diri sendiri dan bersifat negatif. Biasanya hal ini bisa saja terjadi secara sadar maupun tidak sadar dan tentunya dapat menghambat dirimu untuk mencapai kemampuanmu secara maksimal. Negative self talk dapat berupa hal-hal yang sederhana seperti “Aku tidak dapat melakukan itu”, “Aku tidak dapat melakukan segala sesuatu dengan benar”, dan masih banyak hal yang lainnya.

Tipe Negative self talk

Negative self talk juga dapat dikategorikan dalam beberapa tipe yaitu:

  • Overgeneralizing

Hal ini terjadi ketika kamu mengalami kejadian buruk seperti kegagalan dan kamu mempercayai pikiran bahwa kamu juga akan gagal di masa depan.

Contoh: “Aku gagal dalam interview perusahaan A, pasti di interview selanjutnya aku juga akan gagal”

  • Labeling

Hal ini terjadi ketika kamu memberikan label negatif pada dirimu sendiri.

Contoh: “Kenapa ya aku alay banget?”, “Kenapa ya aku jelek?”

  • Mind Reading

Hal ini terjadi ketika ketika kamu merasa dapat membaca pikiran orang lain tanpa adanya bukti yang akurat.

Contoh: “ah dosennya cuekin aku pasti ada yang salah dengan presentasi aku”

Negative self-talk tentunya memberikan dampak yang buruk jika terus dilakukan. Tidak hanya itu, terlalu fokus pada pikiran negatif juga dapat menurunkan motivasi yang tentunya akan berdampak pada kesehatan mental individu itu sendiri. Individu yang sering melakukan negative self talk juga akan cenderung lebih stress dan tidak bahagia.

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut tentunya perlu dilatih dan dibiasakan. Kamu perlu menyadarkan dirimu secepat mungkin ketikan pikiran negatif tersebut datang. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terlalu tenggelam dalam pikiran negatif tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mendistraksi pikiran kepada hal-hal positif atau hal-hal yang lucu. Hal lain yang dapat membantu adalah cobalah untuk mengubah perspektif dalam melihat sesuatu khususnya ketika kamu sedang mengalami hari atau kejadian yang buruk.

itulah beberapa penjelasan mengenai negative self talk. Untuk kamu yang merasa sering melakukan negative self talk belajarlah untuk mengontrol hal tersebut dan ubahlah menjadi hal yang lebih positif.

christianne iola