Oleh: Gaby Nurmala Hani

Binus University telah berdiri sejak pada tanggal 21 Oktober 1974 awal mulanya Binus University adalah sebuah lembaga mengenai pendidikan Komputer yang berjangka pendek dengan nama awal Modern Computer Course berkat dari landasan yang kuat serta visi jelas dan dedikasi tinggi dan berkeseimbangan membuat lembaga Binus University ini terus berkembang dengan berjalannya waktu. Karena banyaknya peminat dan pesatnya pertumbuhan Binus University pada tanggal 1 Juli 1981 ini berkembangan menjadi Akademik Teknik Komputer (ATK) dengan dua jurusan yaitu Jurusan Manajemen Informatika dan Teknologi Informasi. Tiga tahun berlalu tepat pada tanggal 13 Juli 1984 Binus (ATK) mendapat status terdaftar dan berubah menjadi Akademik Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jakarta. Kemudian tanggal 1 Juli 1985, Binus telah membuka Jurusan terbaru Komputerisasi Akuntasi dan pada tanggal 21 September 1985, AMIK Jakarta mbertambah nama menjadi AMIK Bina Nusantara. Dalam usia mudanya, AMIK Bina Nusantara menjadi prestasi emas dengan terpilih sebagai Akademik Komputer Terbaik oleh Depdikbud melalu Kopertis Wilayah III di Jakarta pada tanggal 17 Maret 1986.

Berkat dengan adanya sebuah peningkatan mengenai kebutuhan dari Masyarakat dan akan tenaga-tenaga yang andal di dalam bindang Teknologi Informasi pada tanggal 1 Juli 1986, AMIK Bina Nusantara telah mendirikan Program Strata-1 (S1) dengan jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Informatika bersama dengan itu juga AMIK Bina Nusantara membuka jurusan Teknik Komputer (S1). Pada tanggal 9 November 1987, AMIK Bina Nusantara telah dilebur dalam STMIK Bina Nusantara sehingga telah terbentuk sebuah lembaga yang menyelenggarakan Program Diploma III (DIII) dan Strata-1 (S1). STMIK Bina Nusantara telah berhasil memperoleh status “Disamakan” bagi semua jurusan yang ada di STMIK Bina Nusantara. Pada tanggal 18 Maret 1992 dan pada tanggal 10 Mei 1993 STMIK Bina Nusantara telah mendapat kepercayaan oleh pemerintah untuk dapat membuka Program Magister Manajemen Sistem Informasi.

Pada tanggal 8 Agustus 1996 STMIK Bina Nusantara telah diakui oleh pemerintah STMIK Bina Nusantara kemudian merubah nama ke dalam Binus University pada tanggal 20 Desember 1998 sehingga membuat Binus University memiliki berbagai fakultas diantaranya ada Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Fakultas Psikologi. Binus University mencoba untuk dapat membangun inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan perkembangan dan kemajuan untuk kearah yang lebih baik pada tahun 1997, Binus University telah membuat satu langkah untuk maju dengan membangun sebuah hubungan kerja dengan salah satu Universitasy di Negara Australia yaitu Curtin University dengan adanya hubungan tersebut Binus University dan Curtin University semakin berkembang dan menjadi pelopor antara kerja sama yang strategis dengan universitas-universitas terbaik di luar negeri.

Visi Universitas Bina Nusantara adalah menjadi universitas kelas dunia dengan membina dan memberdayakan masyarakat dalam membangun dan mengabdi kepada bangsa. Misi Universitas Bina Nusantara adalah membangun bangsa dan berkontribusi dalam pengembangan masyarakat global dengan memberikan pendidikan kelas dunia melalui :

  1. Mendidik binusian untuk mengembangkan karakter teladan melalui pendekatan holistik yang memenuhi standar global dengan mendidik binusian untuk menjadi pemimpin dengan berbagai keterampilan dengan memberikan pendekatan holistik menggunakan standar global dan pengalaman belajar kewirausahaan langsung.
  2. Menyelesaikan masalah bangsa melalui penelitian berdampak tinggi dengan membimbing binusian untuk menyelesaikan masalah bangsa melalui penelitian yang berdampak tinggi dan diakui secara internasional dengan mengintegrasikan keragaman dan kearifan nusantara untuk memperkaya pendidikan berkualitas.
  3. Membina binusian sebagai pembelajar sepanjang hayat melalui pengayaan diri dengan memupuk semangat binusian untuk mengembangkan karakter teladan melalui pertumbuhan pribadi dan profesional dengan memanfaatkan praktik terbaik untuk pembelajaran sepanjang hayat.
  4. Memberdayakan binusian untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan transformasi binusian menjadi agen pemberdayaan melalui program pengabdian masyarakat yang meningkatkan kualitas hidup yang dibutuhkan untuk membangun dan mengabdi pada bangsa.
  5. Menjadi pendorong utama untuk memperkaya sistem Pendidikan Tinggi BINUS dengan memperkaya kualitas Pendidikan Tinggi dengan memanfaatkan praktik terbaik untuk memantapkan sistem Pendidikan kelas dunia dengan semangat terpadu untuk membina dan memberdayakan.

Program kuliah, fakultas dan program studi di Universitas Bina Nusantara diantaranya : fakultas Ekonomi dan Komunikasi: Akuntansi, Keuangan, Manajemen Hotel (D4) serta Komunikasi Pemasaran. Fakultas Teknik: Teknik Industri, Arsitektur, Teknik Sipil serta Teknik Komputer. Sekolah Desain: Desain Komunikasi Visual Media Baru, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual Animasi dan Desain Komunikasi Visual Periklanan Kreatif. Sekolah Ilmu Komputer: Teknik Informatika, Teknologi dan Aplikasi Bergerak (Mobile Application and Technology) serta Teknologi dan Aplikasi Permainan (Game Application and Technology). Sekolah Bisnis dan Manajemen: Manajemen, Bisnis & Manajemen Internasional serta Pemasaran Internasional. Sekolah Sistem Informasi: Sistem Informasi Audit, Sistem Informasi dan Komputerisasi Akuntansi. Fakultas Humaniora: Sastra Inggris, Sastra Jepang, Hukum Bisnis, Hubungan Internasional, Psikologi serta. Sastra Cina. Program kuliah ganda Binus University: Manajemen dan Teknik Industri, Manajemen dan Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Matematika, Teknik Informatika dan Statistika serta Akuntansi dan Sistem Informasi (Binus University).

Penulis melaksanakan Program Internship di Fakultas Humaniora Jurusan Psikologi Binus University. Jurusan Psikologi (JPsi) Universitas Bina Nusantara (UBinus) awalnya memfokuskan diri pada area Psikologi Industri dan Organisasi (I/O Psychology), namun pada perjalanannya fokusnya berkembang juga ke area Psikologi Pendidikan (Educational Psychology) dan Psikologi Komunitas (Community Psychology). Perkembangan tersebut terjadi karena beberapa hal. Jurusan Psikologi UBinus menyadari bahwa sebagai institusi pendidikan, JPsi-UBinus juga memiliki tanggung jawab dalam pengembangan pendidikan, baik di UBinus secara khusus maupun di masyarakat Indonesia secara umum. Dengan mempertimbangkan potensi ilmu psikologi dalam berkontribusi untuk masyarakat, JPsi juga melihat bahwa para lulusan perlu diarahkan untuk mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat sekitarnya. Oleh karena itulah, Psikologi Pendidikan dan Psikologi Komunitas adalah dua area yang relevan untuk menjadi fokus JPsi-UBinus, selain Psikologi Industri & Organisasi.

Ketiga area tersebut tidak akan berkembang ke arah yang berbeda-beda. Pengembangan JPsi-UBinus akan mengarah kepada Psikologi Intervensi dan Kerekayasaan (Psychology of Intervention & Engineering). Dari arah pengembangannya terlihat bahwa fokus utama JPsi-UBinus ada pada penerapan teori-teori ilmu Psikologi yang ditujukan untuk menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat untuk peningkatan pada kinerja manusia, baik secara individual maupun kelompok. Perekayasaan dan intervensi akan difokuskan pada ketiga area di atas: Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Komunitas.

Program Sarjana di Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara memberikan pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dasar berkenaan dengan tingkah laku dan proses mental, yang memberi pengaruh terhadap pengalaman dan kondisi manusia. Para mahasiswa akan dibekali berbagai prinsip Psikologi dan penerapannya agar mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kemampuan dalam menerapkan pengetahuan tersebut di berbagai bidang kehidupan.

Setiap mahasiswa, pada masa awal perkuliahannya secara bertahap akan memeroleh pengetahuan dan mengembangkan kemampuan untuk melakukan penelitian ilmiah Psikologi. Selain itu, mahasiswa dibekali juga dengan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar Psikologi, seperti Psikologi Perkembangan, Psikologi Kepribadian, maupun Psikologi Sosial. Selanjutnya, para mahasiswa dibimbing untuk memahami penerapan prinsip-prinsip Psikologi dalam area pendidikan, organisasi/industri, maupun komunitas.

Pada area Psikologi Industri & Organisasi, JPsi-UBinus akan berbicara mengenai desain industri maupun organisasi yang mampu untuk meningkatkan kinerja manusia dalam bekerja, baik individual maupun kelompok. Sedangkan di area Psikologi Pendidikan, JPsi-UBinus berbicara mengenai peningkatan potensi setiap manusia melalui rekayasa desain pendidikan. Di area Psikologi Komunitas, JPsi-UBinus akan berbicara mengenai pemberdayaan komunitas/masyarakat.

Di pertengahan masa perkuliahannya, setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk mencoba melihat penerapan pengetahuan dan mempraktekkan kemampuan yang telah mereka dapatkan sepanjang perkuliahannya di Psikologi. Kesempatan tersebut diberikan melalui program magang di beberapa perusahaan, biro Psikologi, lembaga swadaya masyarakat, hingga institusi pemerintahan. Setelah magang, mahasiswa akan kembali ke universitas untuk fokus mempersiapkan diri menyusun skripsi.

Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara memiliki visi dan misi tersendiri, yaitu visinya adalah menjadi lembaga pendidikan yang disegani di bidang psikologi terapan yang menghasilkan lulusan yang menguasai substansi ilmu psikologi dan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Sedangkan misinya adalah untuk berkontribusi kepada masyarakat global melalui penyediaan pendidikan kelas dunia dengan:

  1. Mendidik siswa dari berbagai latar belakang dengan keterampilan dasar, pengetahuan dan praktik psikologi yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi, untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia karir dan/atau melanjutkan gelar lanjutan di bidang psikologi atau disiplin ilmu lainnya.
  2. Mengintensifkan etos penelitian dan kegiatan pelibatan masyarakat yang terkait langsung dengan atribut kebangsaan dan didukung dengan lingkungan dan materi akademik terkini.
  3. Mengembangkan dan mengakui semua talenta untuk tujuan memberikan kontribusi positif bagi kualitas hidup masyarakat industri, baik secara nasional maupun global.
  4. Menciptakan pemimpin global yang membedakan diri mereka sebagai profesional dalam intervensi manusia dengan pengetahuan dan keterampilan psikologis dalam organisasi dan komunitas kerja mereka.
  5. Menyelenggarakan pelayanan profesional dan pengembangan karir di bidang psikologi dan bidang terkait dengan penekanan pada penerapan ilmu pengetahuan dan kualitas hidup kepada masyarakat.

Posisi dan Peran Mahasiswa

Penulis diposisikan di bagian Learning Resource Developer dengan hari kerja senin hingga jumat jam kerja dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB, selama kurang lebih 5 bulan dimulai tanggal 15 Maret 2021 sampai 23 Juli 2021. Tugas penulis selama internship berlangsung, antara lain :

  1. Mendampingi dosen dalam mendesain,
  2. Mengembangkan materi pembelajaran (misal: video, kasus, artikel di web jurusan)
  3. Mendukung dosen dalam pengelolaan administrasi terkait proses belajar-mengajar (misal: sit-in, peer review),
  4. Mendampingi dosen saat diskusi ide pembelajaran,
  5. Mencatat notulen diskusi.embuat tools yang diperlukan dan di-request oleh dosen, misalnya: padlet/kahoot/mentimeter, mencari kasus terkait mata kuliah, mencari ide aplikasi AR/VR dll,
  6. Menjadi observer kelas online, misal: mencatat reaksi mahasiswa dan cara mengajar dosen yang melibatkan mahasiswa,
  7. Mendesain story board dan merekam video untuk pembelajaran sesuai arahan dosen,
  8. Menulis artikel terkait topik video pembelajaran yang dibuat.

Dalam tugas tersebut penulis didampingi oleh dosen/site supervisor yaitu pak Juneman dan rekan penulis sebagai learning support yaitu Marina Audra dengan pilihan mata kuliah psychoethic. Project yang diberikan oleh kami adalah mentranslasi atau merangkum materi yang akan dibuat menjadi sebuah konten video base learning sesuai dengan materi pada mata kuliah psychoethic disetiap bab dari buku The Righteous Mind By Jonathan Haidt.

Kesesuaian dengan Learning Plan

Penulis melaksanakan internship di Universitas Bina Nusantara khususnya dibagian Fakultas Humaniora Jurusan Psikologi yang dimulai tanggal 15 Maret 2021 sampai 23 Juli 2021. Penulis melakukan pekerjaan, yang sesuai dengan ketentuan di dalam Learning Plan yang telah disetujui oleh Universitas Bina Nusantara. Adapun Job Description atau kegiatan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan kegiatan internship di Fakultas Humaniora Jurusan Psikologi yaitu mentranslasi konten belajar mandiri menjadi desain suatu materi pembelajaran, membuat video pembelajaran. Penulis membuat delapan video pembelajaran untuk mata kuliah Psychoethics dengan panduan materi dalam buku berjudul “The Righteous Mind” karya Jonathan Haidth. Selain itu, penulis juga mengikuti beberapa course online untuk mengetahui pengetahuan dasar serta sebagai panduan dalam pembuatan konten video pembelajaran dan mengasah soft skills yang sudah dimiliki oleh penulis.

Project

Tugas yang penulis kerjakan salah satunya adalah membuat tiga belas video pembelajaran untuk mata kuliah Psychoethics dibantu oleh dosen sekaligus site supervisor yaitu pak Juneman, serta project ini dikerjakan bersama rekan magang lainnya yaitu Marina Audra sebagai learning support dengan cara membagi materi pada bab-bab yang ada di buku The Righteous Mind karangan Jonathan Haidt. Adapun penyusunan sistem pembelajaran berbasis video menurut (Putry, 2020) terdiri dari tiga tahap, diantaranya : tahap pertama, pra-produksi, dimana dilakukan identifikasi masalah, naskah dan pembuatan storyboard; tahap kedua, produksi, dimana dilakukan pembuatan desain power point beserta animasi gambar serta perekaman baik berupa audio ataupun visual; tahap ketiga, pasca-produksi, dimana dilakukan proses editing video dan finalisasi. Berikut tabel kegiatan pekerjaan yang penulis lakukan dari bulan Februari 2021 di Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara.

Tabel 1. Kegiatan Perminggu
Bulan Pertama – Februari 2021
Minggu ke-4 Pada minggu keempat kegiatan penulis dalam magang yaitu dilakukannya orientasi learning support oleh kak Pingkan, dan menjalani beberapa course online sebagai panduan dalam membuat konten video pembelajaran.
Bulan Kedua – Maret 2021
Minggu ke-1 Pada minggu pertama kegiatan penulis dalam magang yaitu mengikuti beberapa course online sebagai panduan dalam membuat konten video pembelajaran.
Minggu ke-2 Pada minggu kedua kegiatan penulis dalam magang yaitu mengikuti beberapa course online sebagai panduan dalam membuat konten video pembelajaran, dan mencari perangkat lunak/aplikasi untuk mengedit video serta mempelajarinya.
Minggu ke-3 Pada minggu ketiga kegiatan penulis dalam magang yaitu mendapatkan orientasi departemen psikologi mengenai penugasan oleh site supervisor dan melakukan pencarian perangkat lunak/aplikasi untuk mengedit video serta mempelajarinya.
Minggu ke-4 & ke-5 Pada minggu keempat dan kelima kegiatan penulis dalam magang yaitu mempelajari software/aplikasi yang akan digunakan sebagai konten video pembelajaran. Lalu mencoba membuat konten video pembelajaran dengan materi bebas yang ditugaskan oleh site supervisor dan membeli buku “The Righteous Mind” untuk bahan ajar dalam VBL.
Bulan Ketiga – April 2021
Minggu ke-1 Pada minggu kesatu penulis melakukan pengumpulan hasil video pembelajaran kepada Site Supervisor, pada minggu keempat ini penulis juga masih mempelajari software-software yang lebih bagus dan penulis merangkum materi dari buku “The Righteous Mind”.
Minggu ke-2 Pada minggu kedua penulis melakukan review hasil dari pembuatan video pembelajaran bersama Site Supervisor dan membaca materi lainnya pada buku “The Righteous Mind”.
Minggu ke-3 Pada minggu ketiga penulis mulai melakukan pembuatan script video yang akan dibahas dalam video pembalajaran.
Minggu ke-4 Pada minggu keempat penulis membuat video pembelajaran mengenai materi yang telah penulis rangkum dari buku “The Righteous Mind”.
Bulan Keempat – Mei 2021
Minggu ke-1 Pada minggu kesatu penulis merangkum dan membuat video pembelajaran dari buku Jonathan Haidt untuk dijadikan sebuah materi pembelajaran. Lalu penulis mengumpulkan video tersebut kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali
Minggu ke-2 Pada minggu kedua penulis merangkum dan membuat video pembelajaran dari buku Jonathan Haidt untuk dijadikan sebuah materi pembelajaran. Lalu penulis mengumpulkan video tersebut kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali
Minggu ke-3 Pada minggu ketiga penulis merangkum dan membuat video pembelajaran dari buku Jonathan Haidt untuk dijadikan sebuah materi pembelajaran. Lalu penulis mengumpulkan video tersebut kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali
Minggu ke-4 Pada minggu keempat penulis merangkum dan membuat video pembelajaran dari buku Jonathan Haidt untuk dijadikan sebuah materi pembelajaran. Lalu penulis mengumpulkan video tersebut kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali
Bulan Kelima – Juni 2021
Minggu ke-1 Pada minggu kesatu penulis kembali membuat sebuah scrip dan merangkum materi dari bab yang terdapat dari buku Jonathan Haidt lalu mengumpulkan video pembelajaran kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali.
Minggu ke-2 Pada minggu kedua penulis kembali membuat sebuah scrip dan merangkum materi dari bab yang terdapat dari buku Jonathan Haidt lalu mengumpulkan video pembelajaran kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali.
Minggu ke-3 Pada minggu ketiga penulis kembali membuat sebuah scrip dan merangkum materi dari bab yang terdapat dari buku Jonathan Haidt lalu mengumpulkan video pembelajaran kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali.
Minggu ke-4 Pada minggu keempat penulis kembali membuat sebuah scrip dan merangkum materi dari bab yang terdapat dari buku Jonathan Haidt lalu mengumpulkan video pembelajaran kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali.
Bulan Keenam – Juli 2021
Minggu ke-1 Pada minggu kesatu penulis kembali membuat sebuah scrip dan merangkum materi dari bab yang terdapat dari buku Jonathan Haidt lalu mengumpulkan video pembelajaran kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali.
Minggu ke-2 Pada minggu kedua penulis kembali membuat sebuah scrip dan merangkum materi dari bab yang terdapat dari buku Jonathan Haidt lalu mengumpulkan video pembelajaran kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali.
Minggu ke-3 Pada minggu ketiga penulis kembali membuat sebuah scrip dan merangkum materi dari bab yang terdapat dari buku Jonathan Haidt lalu mengumpulkan video pembelajaran kepada Site Supervisor setiap seminggu sekali.

Penuntasan Tugas dan Penanganan Masalah

Tugas yang penulis kerjakan telah dijelaskan secara rinci pada bab 1 bagian posisi dan peran mahasiswa dihalaman 6 dan juga pada bab 2 bagian kegiatan yang dilakukan sesuai learning plan dihalaman 10. Dalam menyelesaikan project video base learnng ini penulis mengalami beberapa kendala, seperti dalam memahami topik masing-masing video terkait mata kuliah Psychoethics dan kurangnya pemahaman dalam mengetahui pengetahuan dasar untuk membuat konten video base learning yang dipelajari melalui course online dan beberapa data serta video yang telah diberikan. Dalam menangani masalah ini, penulis mencoba untuk mempelajari buku “The Righteous Mind” serta mencari sumber lain agar dapat dimengerti dan dapat membantu penonton agar bisa memahami dan memproses informasi materi dengan baik. Selain itu, penulis juga mencari informasi terkait hal-hal untuk membuat video pembelajaran melalui rekan magang lainnya di Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara.

Disamping itu saat menuntaskan tugas, hal-hal yang berkaitan dengan soft skill juga ikut berpengaruh, diantaranya ada self-management. Penulis harus bisa mengelola diri dengan baik agar dapat mencapai tujuan yang saya inginkan. Pengendalian diri dari segi ucapan dan perbuatan serta bersikap profesional. Lalu, problem  solving  and  decision  making. Penulis  merasa  lebih  dapat  mengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi ketika sedang mengerjakan tugas. Ada juga mengenai communication, yakni ketika penulis merasa informasi mengenai pekerjaan yang diberikan dirasa kurang jelas/kurang mengerti, maka penulis berusaha untuk mengonfirmasi kembali atau bertanya lagi mengenai pekerjaan tersebut dengan Site Supervisor untuk menunjang keberhasilan penulis dalam penugasan.

Dalam hal berkomunikasi, penulis juga memiliki kendala karena kerap terjadi miskomunikasi dengan atasan atau rekan kerja tim. Seperti saat penulis sedang tidak dapat melakukan pekerjaan tersebut dikarenakan penulis sedang mengalami sakit dan pada saat penulis juga tidak dapat melakukan pekerjaan dikarenakan terjadinya kerusakan pada hardware untuk mengerjakan tugas. Pada saat itu terjadi, penulis tidak memberi informasi kepada Site Supervisor bahwa penulis izin untuk tidak bisa mengerjakan tugas sehingga tugas yang telah diberikan oleh Site Supervisor menjadi lewat dari deadline. Dalam hal ini yang dapat penulis lakukan agar tidak terjadi kesalahan adalah dengan berkomunikasi kepada Site Supervisor agar hal tersebut tidak terjadi kembali.

Kesimpulan

Melalui program enrichment pada internship track disimpulkan bahwa penulis mendapatkan banyak ilmu yang sebelumnya tidak diketahui tentang dunia kerja. Pada proses magang yang telah penulis lakukan di Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara pada divisi Resource Learning Developer selama kurang lebih lima bulan yang dimulai tanggal 15 Maret 2021 sampai 23 Juli 2021, penulis memahami bahwa ilmu psikologi sangat berpengaruh dalam dunia kerja.

Kegiatan penulis dalam internship ini adalah membantu merancang mata kuliah semester depannya atau semester genap yang bertugas mentranslasi konten belajar menjadi desain materi pembelajaran yang sesuai serta membuat project video digital cotent mata kuliah psychoethics. Penulis membuat tiga belas video pembelajaran, dengan judul Where Does Morality Come From?, The Intuitive Dog and Its Rational Tail, Elephant Rule, Vote for Me (Here’s Why), Beyond WEIRD Morality, Taste Buds of the Righteous Mind, The Moral Foundations of Politics, The Conservative Advantage, Why Are We So Groupish?, The Hive Switch, Religion Is a Team Sport, Religion Is a Team Sport, dan “Can we all get along?”.

Dalam menyelesaikan project video digital content tersebut, penulis mengalami beberapa kendala pada saat magang. Penulis telah menemukan solusi dalam mengatasi kendala-kendala tersebut, sehingga project video digital content dapat selesai tepat waktu. Dan selama hal tersebut terjadi, penulis mengalami peningkatan soft skill seperti communication, initiative, problem solvin & decision making, self management. Skill-skill tersebut membuat penulis merasakan proses pengembangan diri dengan baik, seperti informasi yang didiapatkan sangat berguna bagi penulis maupun pengalaman pekerjaan yang penulis dapatkan sehingga dapat memahami atas apa yang dikerjakan.