Bagi para pecinta drama korea, pasti sudah tidak asing dengan drama “it’s okay to not be okay”. Drama ini menceritakan tentang isu kesehatan mental dan banyak sekali pelajaran yang dapat diambil salah satunya adalah trauma healing. Dalam drama ini, terdapat salah satu scene yang sangat populer yaitu butterfly hug. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu butterfly hug dan apakah manfaat dari metode tersebut?

Apa itu butterfly hug?

Butterfly hug merupakan salah satu metode terapi dengan memberikan sugesti kepada diri sendiri agar merasa lebih baik. Metode butterfly hug ini juga terbukti dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan dapat membuat kita lebih tenang. Tidak hanya itu, butterfly hug juga dikenal efektif memulihkan perasaan negatif dan traumatis loh. Hal ini dibuktikan pada saat metode ini digunakan pada saat menolong korban yang selamat dari bencana alam di Meksiko tahun 1998 untuk mengurangi perasaan traumatis yang dialami.

Cara melakukan butterfly hug

Butterfly hug merupakan metode stimulasi bilateral langsung (seperti gerakan mata atau tekanan) yang dilakukan dengan cara menyilangkan kedua tangan di dada kemudian menepukkan kedua tangan seperti kepakan sayap kupu-kupu. Lakukan sambil menarik napas perlahan dan menghembuskannya perlahan. Metode butterfly hug ini dapat dilakukan oleh segala kategori usia dan dimana saja.

Manfaat melakukan butterfly hug

Metode ini sangat cocok untuk mengurangi kecemasan arena dapat mengatur pikiran dan membuat tubuh lebih rileks dari sebelumnya. Tidak hanya mengurangi kecemasan, metode ini juga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat perasaan jauh lebih baik karena metode ini dapat menyeimbangkan senyawa kimia yang ada dalam otak.

Sekarang kamu sudah lebih paham mengenai metode butterfly hug bukan? Ternyata, scene viral ini tidak hanya untuk pelengkap namun juga efektif untuk kamu yang suka cemas ataupun memiliki trauma. Gimana? Tertarik untuk mencoba?

 

Referensi:

Arviani, H., Subardja, N. C., & Perdana, J. C. (2021). Mental Healing in Korean Drama “It’s Okay to Not Be Okay. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 7(1), 32-44.

Girianto, P. W. R., Widayati, D., & Agusti, S. S. (2021). Butterfly Hug to Reduce Anxiety on Elderly. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 8(3), 295-300.