Tes IQ (Intellegence Quotient) menjadi salah satu fokus orang tua dalam memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Tes IQ merupakan suatu cara untuk mengukur tingkat kecerdasan yang dimiliki individu dengan memberikan sejumlah pertanyaan atau permasalahan yang telah disusun sedemikian rupa (Maarif et al., 2017). Tes IQ ini juga merupakan salah satu jenis dari tes psikologi. Dalam rangka diskusi dan memberikan edukasi bagi para orang tua, HaiBunda, yang merupakan media informasi parenting mengundang salah satu dosen psikologi BINUS University, Dr. Istiani, yang juga merupakan Head of Psychology Laboratory BINUS Bekasi dalam sesi sharing dan diskusi tentang “Serba-serbi Tes IQ” pada Selasa, 31 Mei 2022. Salah satu narasumber yang juga turut mengambil bagian dalam sesi ini adalah Devi Sani, M.Psi., yang merupakan psikolog anak dan founder Rainbow Castle yang merupakan layanan pemeriksaan dan terapi perkembangan anak hingga remaja. Sesi sharing dan diskusi ini diadakan secara live melalui instagram @haibundacom.

Melalui live discussion ini, ada banyak topik yang dibahas terkait tes IQ. Salah satu topik yang menjadi fokus para orang tua terkait tes IQ adalah tindakan yang harus dilakukan ketika hasil tes IQ anak kurang memuaskan. Ketika anak memiliki hasil tes IQ yang cukup rendah, sebagai orang tua, tidak perlu terlalu merasa cemas dan menyalahkan anak, karena masih bisa memaksimalkan perkembangan kognitif anak dengan melihat area perkembangan yang masih kurang. Satu hal yang perlu diingat adalah tes IQ merupakan sebuah tools atau alat saja untuk mengetahui sejauh mana perkembangan intelegensi anak dan bukan menjadi sebuah alasan bagi orang tua untuk menganggap rendah anak. Selain itu, ketika melakukan tes IQ, mood dan kondisi kesehatan anak juga dapat mempengaruhi hasil.

Dalam sesi ini juga didiskusikan bahwa para orang tua harus kritis dalam melihat pelaksanaan tes IQ. Ada banyak pihak yang mengaku mengadakan tes IQ, tetapi pada nyatanya tes yang dilakukan bukan merupakan tes IQ. Ada baiknya bagi para orang tua untuk memastikan terlebih dahulu validitas dan reliabilitas tes yang akan digunakan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dipenuhi oleh antusiasme para orang tua yang terlibat aktif dalam Q&A atau sesi tanya jawab yang dilakukan.

Link Live “Serba-serbi Tes IQ” – 31 Mei 2022 via Instagram @haibundacom:

https://www.instagram.com/tv/CeOShYvh94B/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Referensi:

Maarif, V., Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi tes iq berbasis android. IJSE: Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 36-43.