Saat ini self healing sedang menjadi tren dalam masyarakat dan ini merupakan hal yang bagus karena menandakan bahwa masyarakat sudah cukup aware dengan kesehatan mental mereka. Namun, apa sebenarnya self healing itu, apa manfaat melakukan self healing, dan bagaimana cara melakukan self healing? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu self healing?

Secara harfiah, self healing dapat didefinisikan sebagai kegiatan atau perilaku yang bertujuan untuk menyembuhkan diri. Sedangkan jika kita lihat dari bidang keilmuan, self healing didefinisikan sebagai proses penyembuhan yang didorong atau dimotivasi oleh diri sendiri dan biasanya diakibatkan oleh gangguan psikologis atau trauma.

Tujuan dari self healing adalah untuk lebih mengenal diri sendiri sehingga kita bisa lebih mencintai diri kita (self love). Sehingga kegiatan self healing ini dapat membawa individu menjadi pribadi yang lebih kuat ketika menghadapi masalah.

Siapa yang membutuhkan self healing?

Setiap individu pasti pernah gagal, berada pada titik terendah, putus asa, dan stress. Situasi tersebut tentunya sangat mengganggu sehingga berdampak pada aktivitas sehari-hari seperti tidak dapat fokus, lari dari tanggung jawab, pekerjaan terbengkalai, hingga menarik diri dari lingkungan sosial. Jika kalian mengalami hal tersebut, kemungkinan besar kalian membutuhkan self healing nih!

Self healing merupakan salah satu komponen penting agar kesehatan mental tetap terjaga, berikut terdapat beberapa manfaat dari melakukan self healing:

  1. Memperbaiki mood
  2. Membantu mengurangi kecemasan
  3. Membantu mengatasi depresi
  4. Dapat meningkatkan kondisi fisik individu seperti meningkatkan kualitas tidur dan menguatkan imun tubuh.
  5. Meningkatkan wellbeing

Kalian juga perlu tahu bahwa self healing itu tidak selalu berkaitan dengan hal-hal mewah loh. Dengan maraknya tren self healing di media sosial, banyak dari kita yang mengira bahwa self healing sangat berkaitan erat dengan hal-hal mewah seperti belanja, jalan-jalan ke luar negeri, menghabiskan uang, dan hal-hal mewah lainnya. Padahal kalian juga bisa melakukan self healing di rumah seperti menonton film favorit, olahraga, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai self healing. Kalau kalian merasa stress atau merasa ada yang tidak beres dengan diri kalian sehingga mengganggu mengganggu aktivitas sehari-hari, cobalah untuk melakukan self healing. Semoga berhasil!