Kalau diperhatikan setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang gampang sekali bergaul dengan orang dan selalu ekspresif namun, ada juga yang pendiam dan lebih senang menghabiskan waktu sendiri. Menurut Carl Gustav Jung, tipe kepribadian dibagi menjadi tiga yaitu introvert, extrovert, dan ambivert. Namun, secara umum manusia memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan introvert.

Ekstrovert dikenal sebagai individu yang senang berinteraksi di lingkungan sosial. Tipe kepribadian ini sangat ramah, peraya diri, dan memiliki banyak teman.Sedangkan introvert dikenal sebagai individu yang senang menghabiskan waktu sendiri. Tipe kepribadian ini cenderung pendiam, dan tenggelam dalam pikirannya tersendiri.

Walaupun kedua tipe kepribadian tersebut sangat berlawanan tetapi mereka memiliki kelebihannya masing-masing loh. Seperti apa sih kelebihan individu dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert

Kelebihan dari ekstrovert:

Senang mencoba hal baru

Orang ekstrovert sangat dikenal sebagai individu yang langsung bertindak tanpa banyak memikirkannya. Mereka dikenal dengan orang yang berani mengambil kesempatan dan resiko.

Leader

Orang ekstrovert sangat senang berada dalam kelompok dan senang bekerja sama. Oleh karena itu, tidak heran jika mereka cenderung menjadi pemimpin dalam kelompok. Pemimpin dengan kepribadian ekstrovert akan menjadi juru bicara yang hebat, mereka tidak takut untuk mengenal orang lain.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Orang ekstrovert sangat pandai dalam menyampaikan informasi sehingga mereka juga cenderung memiliki banyak teman dan hubungan yang tulus.

Kelebihan dari introvert

Pendengar yang baik

Orang introvert sangat terkenal sebagai pendengar yang baik dan ini merupakan hal naluriah yang mereka miliki.

Hati-hati dalam berbicara

Mereka sangat tidak ingin menyinggung lawan bicaranya sehingga mereka akan cenderung memikirkan matang-matang kalimat atau pesan yang ingin mereka sampaikan. Orang introvert sangat menghindari konflik.

Pengamat

Bisa dikatakan mereka adalah orang yang teliti, mereka dapat melihat hal-hal kecil yang tidak dilihat orang lain. Walaupun terlihat diam mereka sebenarnya orang yang cukup kritis loh.

Sebenarnya jika diperhatikan, introvert dan ekstrovert saling mengisi kekurangan satu sama lain loh. Kaalau kamu tim mana nih ekstrovert atau introvert?