Setiap dari kita pasti pernah bertengkar baik dengan teman, keluarga, ataupun pasangan. Masalah yang diperdebatkan juga seputar hal-hal yang sepele atau tidak terlalu penting. Biasanya perdebatan ini dapat dipicu karena kita terlalu takut untuk menyampaikan perasaan kita yang sejujurnya atau bisa saja takut akan respon yang di dapat dari lawan bicara kita. Komunikasi merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam sebuah hubungan yang sehat baik dalam hubungan keluarga, pertemanan, ataupun hubungan romantis. Biasanya komunikasi yang sehat biasanya ditandai dengan bebasnya kita dapat terbuka dan jujur tanpa takut orang lain akan menghakimi pendapat kita.  

Berikut terdapat keuntungan yang kita dapatkan jika memiliki komunikasi yang sehat dalam sebuah hubungan:

1.Mengurangi kesalahpahaman

Jika kita memiliki komunikasi yang sehat dalam sebuah hubungan, alih-alih memendam perasaan negatif, kita akan mendiskusikan masalah tersebut kepada lawan bicara kita dan mencari jalan keluar secara bersama-sama.

2.Membuat hubungan lebih intim

Memiliki komunikasi yang sehat dalam sebuah hubungan dapat membentuk hubungan emosional dimana hal tersebut akan membuat hubungan menjadi lebih bermakna. Dalam hal ini, kita dan lawan bicara saling membagikan hal-hal tentang diri kita seperti nilai yang kita pegang, pengalaman, ataupun pendapat.

3.Menyelesaikan konflik

Setiap hubungan pasti memiliki fase bahagia dan jenuhnya masing-masing dan dalam setiap fase tersebut tidak luput dari konflik baik dari konflik yang kecil hingga konflik besar. Konflik tersebut harus diselesaikan secepat mungkin agar tidak menimbulkan masalah yang baru nantinya. Oleh karena itu, diperlukannya komunikasi yang sehat dimana kita dapat menyampaikan perasaan kita secara jujur dibandingkan hanya diam dalam kesalahpahaman.

komunikasi yang efektif bukanlah hal yang gampang untuk dilakukan karena adanya perbedaan cara pandang, pola pikir, dan sifat dari setiap diri kita. Oleh karena itu, jika kita ingin memiliki hubungan dengan komunikasi yang sehat semua orang yang terlibat harus bekerjasama untuk menurunkan ego, mendengarkan dan mengerti satu sama lain.