Topik utama yang dibahas pada workshop hari ketiga adalah cara untuk mengintegrasikan eye-tracker ke dalam eksperimen yang dibuat menggunakan aplikasi OpenSesame. Sebastiaan Mathôt yang merupakan pemateri dalam workshop ini memberikan penjelasan awal mengenai apa itu eye-tracker, kegunaannya, dan contoh-contoh eksperimen yang menggunakan eye-tracker. Sesuai dengan namanya, eye-tracker adalah alat yang dapat digunakan untuk merekam pergerakan mata seseorang. Eye-tracker digunakan dalam sebuah eksperimen untuk melihat atau menganalisa pergerakan mata dari partisipan dan hubungannya dengan variabel-variabel lainnya. Pada umumnya, terdapat beberapa jenis eye-tracker dengan bentuk yang berbeda dan juga tingkat akurasi yang berbeda-beda.

Source: https://www.tobiipro.com/product-listing/tobii-pro-glasses-3/
Source: https://www.tobiipro.com/product-listing/fusion/

 

Peserta workshop kemudian diberikan tutorial secara langsung untuk mengimplementasikan eye-tracker ke dalam eksperimen yang dibuat menggunakan aplikasi OpenSesame. Eye-tracker yang digunakan dalam tutorial pada workshop kali ini adalah eye-tracker simulator yang tersedia di aplikasi OpenSesame. Konsep dasar yang dipelajari dengan eye-tracker simulator ini secara umum juga akan berlaku untuk eye-tracker jenis lain secara umum. Item yang digunakan di dalam OpenSesame untuk mengimplementasikan eye-tracker adalah item PyGaze. PyGaze merupakan sebuah python library yang digunakan untuk eye-tracking yang terintegrasi dengan OpenSesame. Eksperimen yang dibuat merupakan eksperimen sederahana yang menggunakan pergerakan mata ke target yang diberikan sebagai respons yang harus diberikan oleh partisipan eksperimen.

Saya sebagai salah satu peserta dalam rangkaian workshop OpenSesame ini merasa bahwa penjelasan yang diberikan oleh pemateri pada workshop OpenSesame ini sangat membantu saya untuk memahami apa itu aplikasi OpenSesame dan secara khusus pada hari ketiga ini adalah pengintegrasian eye-tracker ke dalam eksperimen yang dibuat menggunakan OpenSesame. Sejalan dengan minat dari bidang riset saya yang cukup banyak bersinggungan dengan eye-tracker, pikiran saya menjadi sangat terbuka dengan metode-metode yang dapat digunakan dan juga memberikan saya pengalaman dalam menggunakan eye-tracker.

Link YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=7KSFf1D80FM