Pada Hari Jumat (01/04/22) telah diselenggarakan Workshop Open Sesame yang dipandu oleh Sebastian Mathot penemu Open Sesame App yang juga merupakan asisten profesor di Universitas Groningen.  Workshop Open Sesame berlangsung pada tanggal 1,20,21, dan 27 April. Workshop ini membahas bagaimana cara membuat eksperimen pada penelitian psikologi dengan menggunakan aplikai Open Sesame. Pada hari pertama, kegiatan Workshop Open Sesame ini diawali Sebastian dengan perkenalan dan menjelaskan definisi serta cara penggunaan Open Sesame kepada peserta yang mengikuti Workshop. Peserta yang mengikuti workshop Open Sesame ini meliputi dosen dan mahasiswa magang Laboratorium Psikologi Binus. Workshop ini juga dibantu oleh teman Sebastian yang juga merupakan dosen Psikologi Binus yaitu Wisnu Wiradhany.

Dalam menjelaskan cara penggunaan Open Sesame, Sebastian mengawalinya dengan menjelaskan item-item eksperimen yang terdapat pada aplikasi Open Sesame dan juga kegunaanya seperti sketchpad yang berfungsi untuk mempresentasikan stimulus, Sequence berfungsi untuk merangkai urutan stimulus yang akan dipresentasikan partisipan ke dalam satu trial, Keyboard Response berfungsi untuk mengoleksi respon stimulus ketika menjalankan suatu eksperimen, logger berfungsi untuk merekam data hasil trial berupa suatu file, dan loop berfungsi untuk mendefinisikan variabel independen yang dipakai dalam eksperimen.

Tidak hanya itu, Sebastian juga menjelaskan bagaimana cara mengurutkan para item secara bertahap di overview area dan bagaimana cara menjalankan suatu eksperimen dengan baik, setelah itu Sebastian bertanya ke partisipan workshop penelitian apa yang mereka inginkan dan Sebastian memberikan saran bagaimana membuat gambaran penelitian lebih luas. Hal yang saya dapatkan di workshop ini adalah pendalaman ilmu yang lebih lagi tentang bagaimana membuat eksperimen dapat berjalan lancar di aplikasi open sesame app, dan membantu saya melihat banyak perspektif ketika saya membuat suatu penelitian.

Link  Youtube untuk  mendalami workshop open sesame day 1 lebih luas : https://www.youtube.com/watch?v=6KFEB1Jwy9k&t=3447s