Topik utama yang dibahas pada workshop hari keempat adalah cara untuk menganalisa data yang didapatkan dari eksperimen yang dibuat menggunakan OpenSesame. Setelah mempelajari konsep-konsep dasar dari OpenSesame dari workshop hari pertama sampai pada hari ketiga, data-data yang didapatkan dari contoh-contoh eksperimen yang dibuat oleh peserta workshop melalui tutorial langsung yang diberikan oleh Sebastiaan Mathôt sebagai pemateri akan dianalisa menggunakan aplikasi JASP. Terdapat beberapa aplikasi lain juga yang dapat digunakan untuk menganalisa data dari eksperimen menggunakan OpenSesame karena pada dasarnya bentuk data yang dihasilkan merupakan bentuk data secara umum yang dapat disesuaikan untuk keperluan masing-masing. Eksperimen yang dilakukan dengan OpenSesame di setting eksperimen dalam laboratorium (atau yang lebih dikenal dengan eksperimen offline) akan memiliki data yang terpisah-pisah di setiap file excel untuk masing-masing partisipan eksperimen.

Selanjutnya, setelah eksperimen selesai kita perlu untuk menggabungkan seluruh file setiap partisipan yang terpisah-pisah menjadi satu file yang sama. Penggabungan tersebut dapat dilakukan secara lebih efisien tanpa memakan waktu yang lama dengan source code yang telah disediakan yang dapat diakses di website resmi OpenSesame dan juga dengan menggunakan Rapunzel (extension app yang terintegrasi dengan OpenSesame) untuk menjalankan source code tersebut. Setelah itu, data yang telah digabungkan bisa disederhanakan tampilannya sesuai dengan tampilan yang diinginkan menggunakan fungsi PivotTable yang terdapat di Excel, Google Sheets, dan aplikasi lainnya. Contohnya, nilai response time per partisipan per trial dapat di sederhanakan menjadi nilai response time rata-rata per partisipan. Data yang telah disederhanakan tersebut kemudian bisa di masukkan ke JASP untuk kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis statistik yang sesuai.

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti workshop OpenSesame ini selama empat hari, saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru khususnya tentang aplikasi OpenSesame dan juga pengaplikasian alat eye-tracker. Selain penjelasan terkait aplikasi OpenSesame, pemateri juga memfasilitasi peserta workshop dengan memberikan saran dan masukan terhadap ide eksperimen dari setiap peserta workshop seperti bagaimana cara untuk membuatnya di OpenSesame dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat eksperimen tersebut.