Psychotechology Webinar Series Pembentukan Identitas: Konsep, Riset dan Aplikasi

Pada Jumat 1 April 2022, jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara kembali menyelenggarakan Psychotechnolgy Webinar Series. Topik pada webinar kali ini merupakan bagian dari mata kuliah Theories of Developmental Psychology, dengan topik: “Pembentukan Identitas: Konsep, Riset dan Aplikasi”. Pembicara dalam topik ini adalah Darmawan Muttaqin, S.Psi., M.A.  seorang dosen di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dan peneliti topik identitas. Berbagai penelitian beliau dapat dilihat pada laman berikut ini.

Materi yang disampaikan mencakup konsep teori pembentukan identitas, riset terkini tentang perkembangan identitas dalam konteks Indonesia, dan aplikasi teori. Konsep teori yang dijelaskan  mulai dari dari teori klasik seperti teori Erikson (1950) dan beberapa pengembangan dari teori tersebut, yaitu teori Marcia mengenai identitas karir, Berzonsky (1989) mengenai model gaya identitas dan Crocetti et al. (2008) mengenai model tiga dimensi identitas. Lebih lanjut, pembicara menjelaskan bahwa dari penelitian yang ia lakukan di Indonesia, orangtua dan teman memiliki peran besar dalam menentukan pembentukan identitas remaja. Setelah itu, pembicara juga memantik diskusi mengenai aplikasi dari temuan terkait pembentukan identitas.

Aplikasi yang disarankan antara lain adalah perlunya sarana informasi karir bagi remaja, pelatihan life-skills dan dukungan teman (peer group support) untuk remaja. Beberapa ide mengenai sarana informasi karir misalnya: pembuatan aplikasi (web atau mobile) yang berisi informasi detil mengenai karir. Misalnya: apa saja pekerjaan dari seorang insinyur, psikolog, teknisi penerbangan. Salah satu aplikasi yang membantu remaja dalam merencanakan karir adalah rencanamu.id. Ide lain yang dibicarakan ialah perlunya program pelatihan kecakapan hidup untuk membantu remaja menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan pembentukan identitas. Ide-ide ini diharapkan menjadi pemantik diskusi yang akan berlanjut di forum binus maya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan foto bersama. Mahasiswa yang menjadi peserta tampak antusias, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan berisi yang diberikan pada pembicara. Untuk mengetes pemahaman mahasiswa mengenai materi yang disampaikan, tim dosen menyiapkan kuis kahoot. Mahasiswa yang mendapatkan skor tertinggi mendapatkan hadiah berupa buku dari Jurusan Psikologi. Terakhir, acara yang dihadiri oleh 225 peserta (221 mahasiswa dan 4 dosen) ini ditutup dengan foto bersama. Peserta yang berhalangan hadir dapat mengikuti rekaman sesi di link berikut ini: https://bit.ly/psychotechonologywebinar (judul file: Pembentukan Identitas 010422.mp4).

Pingkan C. B. Rumondor