Kesehatan fisik merupakan hal yang selalu kita jaga sedemikian rupa namun, masih banyak orang yang lupa bahwa kesehatan mental juga perlu dijaga dan dirawat. Sehat secara mental adalah kondisi dimana individu dapat menyadari kesejahteraan dalam dirinya sehingga individu tersebut dapat bekerja secara produktif dan menghasilkan serta berperan di lingkungannya. Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting dilakukan karena terdapat beberapa aspek dalam diri yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan mental kita. 

Kesehatan mental sendiri mencakup kenyamanan emosional, psikologi dan hubungan sosial. Ketiga aspek ini memiliki pengaruh terhadap cara berpikir seseorang, cara seseorang bertindak, cara mengelola stress, hingga hubungan dengan orang lain. Berikut terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental:

1.Menulis hal-hal yang dapat kamu syukuri

Menemukan hal yang bisa disyukuri setiap harinya dapat meningkatkan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan.

2. Fokus pada satu hal dalam satu waktu

Membiasakan diri untuk fokus pada satu hal dapat membantu melepaskan emosi negatif dan berusaha untuk menjaga pikiran pada hal yang sedang terjadi atau sedang dilakukan sehingga terhindar dari overthinking.

3.Istirahat

Jika kamu mulai merasa semua pekerjaan terasa berat, ambilah waktu istirahat dan mulailah latihan pernapasan untuk mengurangi stress. kamu juga dapat mengisi waktu istirahat tersebut dengan melakukan kegiatan yang kamu senangi seperti menonton film.

4.Olahraga

Ketika kita berolahraga, tubuh akan mengeluarkan endorfin yang membantu menyingkirkan stress dan dapat meningkatkan suasana hati.

Untuk menjaga kesehatan mental tidaklah sulit, kamu hanya perlu melakukannya secara bertahap dan konsisten agar mendapat manfaat dalam jangka panjang. Jika kamu merasa kesehatan mentalmu mulai terganggu, tidak perlu takut untuk berkonsultasi pada psikolog ataupun psikiater.