Pada Maret 2022, telah terbit buku berjudul “Penerapan Differentiated Instruction dalam Pembelajaran”. Buku ini merupakan hasil karya dosen Psikologi Binus, Muhamad Nanang Suprayogi, S.Psi, M.Si, Ph.D beserta para mahasiswanya, Helena Grace, Felycia Renika Noriana, Putri Nadia Amini, dan Riqa Alvarsa Gandasoebarata.

Para Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa bimbingan yang sedang mengikuti kegiatan magang sebagai Learning Support di Jurusan Psikologi Binus University pada tahun 2021.

Pembuatan buku ini merupakan bagian dari Kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) di Jurusan Psikologi Binus dengan dana Hibah dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Jurusan Psikologi Binus memang mendapatkan dana Hibah untuk menjalankan program kompetisi kampus merdeka pada Tahun 2021. Salah satu fokus Kegiatan tersebut adalah penerapan differentiated instruction dalam pembelajaran. Untuk menyukseskan program tersebut, pihak kampus Binus mengikut sertakan para dosen dan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan training tentang differentiated instruction dari berbagai penyedia training seperti; Harvard Graduate School of Education, Amerika. Faculty of Education Monash University, Australia, serta Differentiating Instruction: An online hand’s on workshop by Carol Ann Tomlinson.

Keberhasilan Jurusan Psikologi Binus dalam menjalankan program kompetisi kampus merdeka ini mendapatkan penilaian yang bagus dari para reviewer dan kemudian diberikan lagi kesempatan untuk mengajukan program kampus merdeka lanjutan pada Tahun 2022 ini.

Buku “Penerapan Differentiated Instruction Dalam Pembelajaran” ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan terkait differentiated instruction hasil dari kajian literatur dan pengalaman mengajar di kelas. Buku ini membahas tentang apa itu Differentiated Instruction, strategi differentiated instruction, metode penerapan differentiated instruction, hingga contoh penerapan differentiated instruction. Buku ini memiliki 292 halaman dengan ISBN 978-623-6117-36-1, diterbitkan oleh Pustakapedia Indonesia.