AYIMUN atau Asia Youth International Model United Nations merupakan program berskala internasional yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN) dengan mengangkat isu global untuk dibahas dalam simulasi sidang konferensi PBB.

AYIMUN Academy yang diselenggarakan secara offline di Bali pada bulan Februari 2022 mencakup dua dewan (council) untuk didiskusikan bersama, yaitu UNWTO dan UNICEF. Namun akibat pandemi, partisipan dalam acara kali ini dibatasi hanya untuk internal dalam Indonesia saja.

Dalam kesempatan ini, saya terpilih menjadi delegasi UNWTO mewakili negara Bulgaria dengan membawakan topik strategi pembangunan pariwisata pasca COVID-19. Pengalaman ini sangat berkesan bagi saya karena dapat bertemu teman-teman baru dari seluruh Indonesia dan juga mengasah kemampuan public speaking, diplomasi, serta negosiasi dengan simulasi perdebatan pada sidang PBB.

Peserta mendapatkan bekal pengetahuan terkait bagaimana alur persidangan konferensi PBB dalam mendiskusikan permasalahan yang terjadi di setiap negara melalui GSL (General Speakers List), Moderated serta Unmoderated Caucus, dan menarik suatu kesimpulan berupa solusi yang dapat diterapkan pada seluruh negara dengan cara membuat draft resolution bersama-sama.

Selain itu, mengikuti Model United Nations juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui committee session yang berjalan dengan spontan dalam memperdebatkan suatu topik dalam konteks masing-masing negara. Peserta juga diminta untuk membuat position paper yang menjelaskan bagaimana kedudukan negara delegasi dalam permasalahan topik yang diangkat tersebut, sehingga sangat mengasah kemampuan riset dan menulis peserta.

Sekian pengalaman mengikuti AYIMUN Academy yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga teman-teman juga berkesempatan mengikuti program Model United Nations lainnya!