Selamat Christmas! Asosiasi kata ‘Natal’ vs. ‘Christmas’

Penulis: Catherine (Research intern) – Mahasiswa Psikologi Binus (2201768046).
Dengan supervisi: Farah Mutiasari DJALAL, PhD – Lecturer Specialist S3 Psychology.

Halo guys!

Aku Catherine ingin mengucapkan Selamat Hari Natal bagi yang merayakan! Semoga bahagia selalu dan Tuhan Yesus memberkati!

Mumpung kita masih dalam suasana natal, aku mau bahas sedikit nih tentang apa sih kata-kata yang terpikir oleh orang-orang saat mendengar kata ‘Natal’. Aku mau bahas dalam dua versi nih, versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Coba deh lihat jejaring asosiasi kata antara Bahasa Indonesia (‘Natal’) dengan Bahasa Inggris (‘Christmas’).

Jejaring asosiasi kata Natal (kiri) vs. Christmas (kanan)

 

Berdasarkan jejaring yang kita lihat, ternyata kata yang memiliki arti yang sama, bisa memiliki asosiasi yang berbeda dalam bahasa lain loh. Asosiasi dalam bahasa Indonesia, ‘Natal’ adalah lahir, pohon, keluarga, libur, (agama) Kristen, dan lain-lain; sedangkan asosiasi dalam bahasa Inggris, ‘Christmas‘ adalah ‘party, merry, season, gift‘, dan lain-lain.

Menurut versi aku nih, saat aku mendengar kata ‘Natal’, ada tiga kata yang langsung muncul di otak aku, yaitu ‘kelahiran’, ‘liburan’, dan ‘salju’. Kalau kalian kepikiran kata apa aja nih? Boleh dong sharing sama pembaca lain. Kamu bisa langsung sharing melalui link ini ya: https://smallworldofwords.org/id. Oh iya, jangan lupa share ke keluarga atau teman-teman kamu juga agar kita bisa mendapatkan asosiasi kata yang lebih beragam tentang kata ‘Natal’.

Happy holiday everyone! Stay safe and stay healthy! God bless you all! <3

Catherine

Farah Mutiasari Djalal, PhD