Supportive Leadership

Kata nalar 10

 

Supportive Leadership

Putra, Utami, dan Hakam (2013), mengidentifisir gaya kepemimpinan supportive leadership adalah gaya kepemimpinan seorang pemimpin yang mudah bergaul, peduli sesama, perhatian, dan dapat menciptakan kesejahteraan kerja sehingga dapat memuaskan hati para bawahan, karyawan, staf dan timnya. Gaya kepemimpinan supportive leadership ini mampu memompa dan meningkatkan motivasi diri para bawahan, karyawan, staf dan tim untuk bekerja dengan lebih nyaman dan efektif. Kesejahteraan atau well-being para bawahan, karyawan, staf dan tim juga menjadi perhatian tersendiri bagi pemimpin yang menganut supportive leadership ini (Luthans, 2005).

House (1971), berdasarkan teori path goal, menyatakan bahwa supportive leadership mengemban tugas untuk membantu, menuntun, mengarahkan dan memberikan dukungan kepada para bawahan, karyawan, staf dan timnya. Sembari demikian juga memastikan bahwa tujuan perusahaan, industri dan organisasi sesuai dengan tujuan proses dan langkah yang dijalankan bersama. Supportive leadership adalah gaya kepemimpinan yang pemimpinnya akan berfokus pada kebutuhan dan kepuasan para bawahan, karyawan, staf dan timnya agar tujuan perusahaan, industri dan organisasi dapat tercapai sesuai yang menjadi tanggung jawabnya (House & Mitchell, 1974).

Dalam organisasi, industri dan perusahaan yang pemimpinnya ‘memakai’ supportive leadership style akan tercipta lingkungan kerja yang kondusif serta memberikan manfaat yang besar bagi keberhasilan dan kesejahteraan para bawahan, karyawan, staf dan timnya serta juga organisasi (Daft, 2005; Gibson et al., 2000). Supportive leadership juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, motivasi dan ras percaya diri akan kompetensi yang dimiliki para bawahan, karyawan, staf dan timnya. Hubungan antar sesama para bawahan, karyawan, staf dan timnya bersama para pimpinan  yang baik dan hangat akan meminimalisir tingkat stress (Graen & Cashmen, 1975).

Referensi:

Khalid, A., Zafar, A., Zafar, M. A., Saqib, L., & Mushtaq, R. (2012). Role of supportive leadership as a moderator between job stress and job performance. Information Management and Business Review, 4(9), 487-495.

La Rocco, J. M., & Jones, A. P. (1978). Co-worker and leader support as moderators of stress-strain relationships in work situations. Journal of Applied Psychology, 63(5), 629.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Entrepreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Putra, C. B., Utami, H. N., & Hakam, M. S. O. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Direktif, Suportif, Dan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Astra Internasional Tbk. Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 11-20.