Autocratic Leadership

Kata nalar 07

Autocratic Leadership

 

Autocratic leadership atau kepemimpinan otokratis adalah gaya kepimpinan yang meletakkan segala keputusan dan kontrol sepenuhnya dipegang oleh pemimpin. Dengan demikian segala kebijakan, prosedur, kegiatan ditentukan oleh pemimpin sementara bawahan, karyawan dan anggota timnya wajib untuk mengikuti segala keputusan tersebut (Quamila, 2021; Tumbol, Tewal & Sepang, 2014).

Kelebihan dari kepemimpinan otokratis adalah keputusan dapat diambil dengan cepat karena keputusan terpusat pada pemimpin tanpa birokrasi. Tingkat produktivitas kerja bawahan, karyawan dan anggota tim juga dapat tinggi karena arahan yang diberikan oleh pemimpin telah tersedia meliputi goals, waktu dan tujuan sehingga bawahan, karyawan dan anggota tim bertanggung jawab untuk mencapai standar tersebut. Sementara itu kekurangan dari gaya kepemimpinan otokratis ini adalah segala keberhasilan tugas dan perkerjaan itu sangat bergantung pada kualitas keputusan pemimpinnya. Gaya kepemimpinan otokratis ini juga dapat membawa dampak pada turunnya tingkat kepuasan kerja bawahan, karyawan dan anggota tim karena  komunikasi yang ada hanya berjalan searah. Dalam kepemimpinan otokratis, bawahan, karyawan dan anggota tim merasa tidak ada kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin karena tidak ada ruang untuk berpendapat serta tidak ada kesempatan bagi bawahan, karyawan dan anggota tim untuk mengembangkan kerjasama,  inovasi dan karier (Pratama, 2012; Robin & Judge, 2014; Cerdas,co, 2020).

Referensi:

Tumbol, C.L., Tewal, B. & Sepang J.L. (2014). Gaya Kepemimpinan Otokratis, Demokratik dan Laissez Faire Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan Pada KPP Pratama Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.1, Hal. 38-47

 

Pratama, C.Y. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otokratis Terhadap Kepuasan Kerja. Journal of Social and Industrial Psychology, I (2), Hal. 22-27.

 

Cerdas,co (2020). Kepemimpinan Otokratis : Definisi, Karakterisrik, Pro dan Kontra. https://www.google.com/amp/s/cerdasco.com/pemimpin-otokratis/

 

Quamila, A.(2021). Kupas Tuntas Gaya Kepemimpinan Otokratis.

https://glints.com/id/lowongan/gaya-kepemimpinan-otokratis/#.YOm4pZAxeNw

 

Robin, S.P. & Judge, T.A. (2014). The Essentials of Organizational Behavior. Pearson. New jersey. ISBN: 978-0-13-296850-8.