DELEGATING LEADERSHIP

Kata nalar 08

 

 DELEGATING LEADERSHIP

Delegating Leadership Style adalah gaya kepemimpinan yang lebih mempercayakan banyak tanggung jawab kepada bawahan, karyawan, tim dan staf yang berada di bawah kepemimpinannya.  Delegating Leadership Style memberikan banyak kesempatan kepada bawahan, karyawan, tim dan staf untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas serta upaya memecahkan persoalan yang sedang dihadapi menggunakan kemampuannya sendiri. Delegating Leadership Style ini disebut lebih baik digunakan kepada kelompok bawahan, karyawan, tim dan staf yang sudah lebih siap dan terlatih, dengan tingkat kemampuan dan tingkat kepercayaan diri yang sudah tinggi. Delegating Leadership Style melakukan observasi dan monitoring secara langsung, pemimpin juga harus selalu up-to-date dengan perkembangan dan hasil yang dikerjakan oleh para staf.

Pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan Delegating Leadership akan memberikan potret besar tentang persoalan yang sedang dihadapi di awal kepada para bawahan, karyawan, tim dan stafnya untuk kemudian  ditafsirkan dan diinterpretasikan oleh para bawahan, karyawan, tim dan stafnya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka masing-masing. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini juga akan memberikan kebebasan kepada para bawahan, karyawan, tim dan stafnya untuk membuat keputusan berkenaan dengan pekerjaan dan tugas yang diembannya. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan Delegating Leadership akan selalu mengkomunikasikan proses, hasil dan kemajuan pekerjaan yang sedang dilakukan oleh bawahan, karyawan, tim dan stafnya. Pemimpin dengan gaya Delegating Leadership ini juga tidak akan sungkan untuk selalu memberikan berita apapun secara transparan baik berita buruk maupun berita baik. Secara singkat, pemimpin dengan gaya kepemimpinan Delegating Leadership ini akan selalu berbagi dengan para bawahan, karyawan, tim dan staf di sekitarnya dan tidak memberikan jarak antara dirinya dan bawahan, karyawan, tim dan stafnya.

Referensi:

Alvy, H., & Robbins, P. (2005). Growing into Leadership. Educational Leadership, 62(8), 50-54.

Kartono, Kartini. 2003. Pimpinan dan Kepemimpinan. Edisi 1. PT Grafindo Persada. Jakarta.

Limantara, F. (2016). Gaya Kepemimpinan Situasional Pada CV. Sumber Makmur. Agora, 4(2), 27-32.

Nahrowi, M., Salbiyah, S., Nailufarh, Q. A. Y., & SE, M. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Badan Kepegawaian Dan Diklat Pemerintah Kota Surabaya Terhadap Kinerja Pegawai. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Northouse, P. G. (2014). Introduction to leadership: Concepts and practice (p. 352). New York: Sage Publications, Incorporated.

Yoshioka, R. (2006). An Empirical Test Of The Situational Leadership® Model In Japan. (Master Of Arts In Urban Affairs), The University