Dialog psikologi Nusantara kembali lagi nih di tahun 2021 ini. Tentunya DPN kali ini ga kalah menarik dan seru dibanding dengan tahun sebelumnya. Dialog psikologi Nusantara tahun ini berjalan pada tanggal 9 Desember 2021, Karena situasi pandemi DPN kali ini dijalankan secara daring melalui zoom. Tahun ini DPN mengangkat topik tentang Enhancing Humanities in Smart Campus. 

DPN tahun ini juga mengundang pembicara-pembicara yang keren dan menarik loh! yaitu ada  bapak Dr.Sigit Widiyanto, ST,MMSI, Msc, MIKom yang merupakan staff ahli polri kemudian ada  bapak Dewa Fajar Bintamur, S.psi., M.Si yang merupakan staff pengajar fakultas psikologi Universitas Indonesia dan ada bapak Raymond Godwin,S.psi., M.Si yang merupakan ketua jurusan psikologi Binus. Setiap pembicara membawakan topik-topik yang sangat menarik.

Di sesi pertama DPN dibuka oleh moderator yaitu Ibu Dr.Cornelia Istiani, M.Psi dan juga MC oleh Jazzy yang merupakan Binusian 2024. Setelah pembukaan kemudian acara DPN dilanjutkan dengan membahas topik dari bapak Sigit, bapak Sigit membawakan topik tentang kecerdasan buatan dalam praktek psikologi: aplikasi&implikasi saat ini dan masa depan. Bapak Sigit juga menjelaskan tentang perkembangan-perkembangan teknologi yang ada saat ini. Perkembangan ilmu teknologi juga dapat berkembang karena adanya kerja sama dengan ahli psikologi. Bapak Sigit juga memaparkan bahwa pada tahun 1966 teknologi juga sudah digunakan dalam bidang psikologi yaitu dengan dibuatnya teknologi untuk psikoterapis bernama Eliza

 

Kemudian sesi berikutnya dillanjutkan oleh bapak Dewa dengan topik tentang nilai-nilai dasar yang dibutuhkan dalam era perubahan. Bapak Dewa menjelaskan tentang beberapa hal seperti basic human values, cultural values dan self-transcendence values. Kemudian Pak Dewa juga menjelaskan tentang nilai-nilai yang dijadikan acuan untuk penilaian seseorang terhadapa orang lain yaitu growth, anxiety-free dan social focus. kemudian Pak Dea juga menjelaskan ada 6 keterampilan yang wajib dimiliki oleh pembelajar abad 21 yaitu communciation, collaboration, critical thinking, citizenship, creativity, dan character.

 

Dan sesi terakhir dibawakan oleh Bapak Raymond dengan topik teknologi membentuk perilaku. pak Raymond menjelaskan bahwa saat ini manusia berada di era dimana manusia dibantu oleh mesin dalam membuat suatu keputusan. saat ini juga kita sudah memasuki industrial revolusi 4.0 yaitu munculnya digital transformation, AI, blockchain. Kemudian sesi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta kepada para pembicara. setelah sesi tanya jawab acara DPN ditutup oleh MC dan juga moderator.

 


Sampai ketemu lagi di DPN berikutnya!