Personal Disposition

Ketika common traits berperan penting untuk studi yang membuat perbandingan di antara banyak orang, personal dispositions berperan jauh lebih penting karena memungkinkan seorang peneliti untuk mempelajari satu individu. Personal dispositions merupakan struktur neuropsikis umum, dengan kapasitas untuk membuat banyak rangsangan setara secara fungsional, dan untuk memulai dan memandu bentuk yang konsisten dari perilaku adaptif dan gaya. Allport membagi personal dispositions menjadi 3 tingkatan, yaitu cardinal dispositions, central dispositions, dan secondary dispositions.

Beberapa orang memiliki karakteristik yang menonjol sehingga mendominasi hidup mereka. Hal tersebut biasa disebut sebagai cardinal dispositions. Sifat ini begitu jelas sehingga tidak dapat disembunyikan. Oleh karena itu, orang yang memiliki sifat ini biasanya akan menjadi ciri khas dari dirinya seorang. Namun perlu diingat juga bahwa tidak semua orang memiliki cardinal dispositions. Contoh dari cardinal dispositions adalah ketika seseorang memiliki penampilan yang mencolok, seperti baju nya yang modis, cara berjalannya seperti model, dan semua itu tampak pada dirinya setiap hari. Maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut memiliki sifat narsisme. Tingkatan kedua adalah central dispositions, yaitu kecenderungan sifat yang menjadi ciri seseorang, yang berjumlah 5-10 sifat dan menjadi titik pusat tingkah lakunya. Biasanya sifat ini ditulis pada surat rekomendasi untuk menjelaskan sifat seseorang, seperti ambisius, jujur, bertanggung jawab, rajin, aktif dan lain sebagainya.

Tingkatan terakhir adalah secondary dispositions, yaitu sifat yang tidak terlalu mencolok tetapi jumlahnya lebih besar dari pada central dispositions. Sifat ini biasanya akan muncul di peristiwa atau kejadian khusus saja. Contohnya ketika seseorang yang dikenal sebagai orang yang ceria, suatu hari meledak marah karena seseorang telah melakukan kesalahan kepadanya. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai secondary dispositions.

 

Referensi:

Feist, J., Feist J. G., & Roberts, T. 2017. Theories of Personality. Edisi ke-9. McGraw-Hill. New York. USA.

 

Ditulis oleh: Zahwa Natalya

Di bawah supervisi: Dr. Rani Agias Fitri, M.Si., Psikolog