[Digital Content] Personal Development dalam Educational Psychology

Halo teman-teman pembaca
Bagaimana kabarnya selama melakukan perkuliahan online? Semoga kalian dalam keadaan sehat
dan semangat selalu yaa 🙂

Video based learning kali ini akan membahas tentang Personal Development yang tentunya masih
bagian dari materi dalam Psikologi Belajar.
Video ini terbagi kedalam dua bagian, secara garis besar Learning Outcomes yang dimiliki dari materi
ini ialah agar memahami karakteristik tempramen pada anak serta kepribadian mereka. Selain itu
juga agar mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana penyesuaian proses belajar mengajar dengan
kepribadian siswa yang beragram.
Didalam video based learning ini, dijelaskan mengenai definisi personal development, definisi
tempramen dan apa yang menyebabkan adanya perbedaan tempramen pada setiap individu. Selain
itu pula, terdapat penjelasan mengenai Diversity of Temprament, Personality and Goodness of Fit at
School. Seperti bagaimana cara menyampaikan metode pembelajaran yang sesuai, yaitu misalnya
dengan membagi siswa kedalam kerja kelompok, dsb.

Untuk penjelasan yang lebih detail yuk disimak video based learning dibawah ini

Disunting oleh: Aqila Hana Mahdita (2201836974)
Supervisi Dosen: Antonina Pantja Juni Wulandari, S.Sos., M.Si

Referensi:
Munley, P. H. (1975). Erik Erikson's theory of Psychosocial Development and Vocational Behavior.
Journal of Counseling Psychology, 22(4), Retrieved from: https://doi.org/10.1037/h0076749

Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. (2017). Educational Psychology: Developing
Learners, 9th Edition. London: Pearson Education., Inc.

World Health Organization. (2020). Child Maltreatment. Retrieved from: www.who.int/news
room/fact-sheets/detail/child-maltreatment#