Oleh: Ridha Azizah Dwi Satya Poetri

Pada program enrichment di semester ini, penulis mengambil track internship. Penulis melakukan internship di PT. Anugerah Pharmindo Lestari sebagai Talent Acquisition Intern selama 5 bulan. PT Anugerah Pharmindo Lestari merupakan bagian dari Zuellig Pharma Group, di mana merupakan salah satu layanan kesehatan terbesar di Asia dengan tujuan “Making healthcare more accessible” (Zuelligpharma.com, 2021).

Bersumber dari LinkedIn PT Anugerah Pharmindo Lestari (2021), perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan Indonesia sejak tahun 1985.  PT Anugerah Pharmindo Lestari memiliki jaringan distribusi yang tersebar di 34 provinsi, melalui 33 pergudangan di 28 kota serta tenaga sales yang tersebar di 104 kota di Indonesia. APL menyediakan layanan yang mencakup, Clinical Reach, penjualan dan pemasaran, distribusi, program farmasi, dan layanan yang berfokus pada pasien. PT Anugerah Pharmindo Lestari tercatat telah memiliki sekitar 2.600 karyawan dan melayani sekitar 2.800 pelanggan di Indonesia (Aplcare.com, 2021). Sebagai salah satu perusahaan distributor farmasi terbesar di Indonesia, PT Anugerah Pharmindo Lestari memiliki visi yaitu “To anable wellbeing by connecting Indonesia with trusted healthcare solutions” serta memiliki core values, yaitu integrity & trust, collaboration, innovation, passion for excellence, dan personal growth (Youtube Binus Career, 2020).

Sebagai Talent Acquisition Intern, penulis dipercaya untuk menjadi PIC dalam program internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari ini. Selama kegiatan internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari, para intern di perusahaan ini tidak hanya melakukan pekerjaan internship saja. Tetapi perusahaan juga memfasilitasi para intern-nya dengan kegiatan lainnya, salah satu contohnya adalah training. Salah satu training yang diberikan kepada para intern yaitu training yang bertemakan “The Power of Passion and Perseverance”, di mana di dalamnya membahas tentang grit. Training ini bertujuan untuk membantu para intern untuk mengetahui dan mengenali masing-masing passion mereka.

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, trainer meminta para intern untuk mengerjakan sebuah tes untuk mengetahui tingkat grit dari para intern. Standar nilai grit yaitu, jika nilai tes lebih dari sama dengan 3.50 maka dinyatakan bahwa individu tersebut memiliki tingkat grit yang tinggi, sedangkan jika nilai tes kurang dari 3.50 maka dinyatakan bahwa individu tersebut memiliki tingkat grit yang rendah. Pada hasil tes dari para intern, terdapat 2 intern yang mendapatkan nilai di bawah 3.50, di mana ini menyatakan bahwa intern tersebut memiliki tingkat grit yang rendah. Pada saat training, trainer juga melontarkan pertanyaan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman para intern terhadap grit. Hasilnya adalah para intern belum memahami secara spesifik dari grit itu sendiri. Training ini bertujuan untuk membantu para intern memahami pentingnya grit dalam performance dan untuk mengetahui serta mengenali masing-masing passion mereka.

Grit merupakan salah satu topik dalam psikologi positif yang sangat sering dikaji dalam dunia kerja. Angela Lee Duckworth (dalam Wardani & Amalia, 2020) menemukan bahwa selain tingkat inteligensi dan tipe kepribadian conscientiousness, grit juga menjadi salah satu faktor yang dapat berkontribusi pada kesuksesan seseorang. Grit didefinisikan sebagai kecenderungan individu untuk mempertahankan ketekunan dan semangat untuk tujuan jangka panjang yang menantang, di mana setiap individu dapat bertahan dengan hal-hal yang menjadi tujuan mereka sampai tujuan tersebut tercapai (Vivekananda, 2017). Vivekananda (2017) menyatakan bahwa di dalam grit terdapat dua hal penting, yaitu konsitstensi minat (Passion) yang berarti sebagai seberapa konsisten usaha individu untuk menuju suatu tujuan, dan ketekunan usaha (Perseverance) yang berarti sebagai seberapa keras individu berusaha untuk mencapai tujuan.

Gejala diperlukannya grit untuk para intern di PT Anugerah Pharmindo Lestari, yaitu karena di masa pandemi ini para intern bekerja secara daring atau work from home (WFH), di mana user dari para intern tidak dapat mengontrol secara langsung setiap pekerjaan yang dilakukan oleh para intern tersebut. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam sistem kerja WFH ini yaitu keterbatasan komunikasi, terkadang keterbatasan ini membuat beberapa dari para user sulit untuk mengontrol proses kerja dari para intern. Dari sisi intern sendiri, kerja secara WFH ini membuat mereka sulit untuk mempertahankan ketekunan dan semnagatnya dalam bekerja. Maka dari itu sangat diperlukan grit untuk mendapatkan performance yang baik dari para intern.

Berdasarkan paparan di atas, penulis bertujuan untuk mengangkat topik ini karena dengan adanya grit ini, maka para intern akan mencapai performance yang baik dalam melakukan kegiatan internship di PT. Anugerah Pharmindo Lestari.

Pada Kegiatan internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari, posisi yang ditempatkan oleh perusahaan kepada penulis (mahasiswa) yakni Talent Aqcuisition Intern untuk Head Office PT Anugerah Pharmindo Lestari yang terletak di Cowell Tower, Senen, Jakarta Pusat.

Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama proses internship sebagai Talent Acquisition di PT Anugerah Pharmindo Lestari secara garis besar yaitu membantu keseluruhan tugas-tugas yang dilakukan oleh tim Talent Acquistion. Berikut pemaparan pekerjaan yang penulis lakukan selama proses internship sebagai Talent Acquisition di PT Anugerah Pharmindo Lestari:

  • Project
  1. Guidance Book for Recruitment Process

Pada projek guidance book ini, penulis ditugaskan membuat buku panduan untuk proses rekrutmen di PT Anugerah Pharmindo Lestari.

Hasil dari buku panduan yang penulis buat adalah seluruh panduan proses rekrutmen mulai dari pengisian form permintaan karyawan (FPK), melakukan job posting di LinkedIn dan Jobstreet, melakukan sourcing CV, menjadwalkan interview HR dan user, menjadwalkan dan menginterpretasikan online assessment, mengisi list bank data, email kandidat talent dan not ok, menjadwalkan medical check-up (MCU), menjadwalkan background check, menjadwalkan reference check, mengisi data pada file new joiner, dan membuat surat perjanjian kerja (SPK). Seluruh panduan tersebut penulis buat dalam bentuk Power Point.

  1. Automation for Recruitment Process

Pada projek automation ini, penulis ditugaskan membuat otomasi terhadap proses rekrutmen di PT Anugerah Pharmindo Lestari. Penulis diminta untuk mengubah application dan new hire information form serta pengisian data new joiner yang masih dalam bentuk manual menjadi lebih otomatis dari sebelumnya.

Hasil dari automation yang telah penulis buat adalah Ms. Form untuk application form yang dipecah menjadi 2 form, yaitu application form 1 dan application form 2. Selain application form, penulis juga mengubah new hire information form kedalam bentuk Ms. Form. Kemudian link dari Ms. Form tersebut akan dibagikan ke kandidat. Setelah itu kandidat yang dinyatakan sebagai new joiner akan ditarik datanya melalui file excel new joiner yang telah penulis buat dengan rumus untuk menarik datanya secara otomatis. Rumus yang penulis gunakan adalah Vlookup, di mana respon pada Ms. Form dari masing-masing application form dan new hire information form akan tertarik datanya secara otomatis ke file excel new joiner hanya dengan mengisi nomor KTP dari karyawan tersebut. Selain dapat menarik data dari respon form, file excel new joiner juga dapat menarik data FPK dan SPK secara otomatis.

  • Daily Job
  1. Sourcing CV

Pada tugas sourcing CV ini, penulis diberikan beberapa posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Kemudian penulis melakukan sourcing CV melalui jobstreet perusahaan dan bagi CV yang penulis rasa memenuhi kualifikasi yang diminta, penulis akan melakukan screening by phone call kepada kandidat tersebut. Pada tugas sourcing CV ini, penulis handling level staff sampai senior manager. Sedangkan posisi yang pernah penulis handling selama melakukan internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari, antara lain Branch Finance Controller, Talent Acquisition Specialist, BRQA, CTM, AP Staff, SOP Controller, Principal Account Manager, SHS Consultant, SFE Trainer, dan Accounting Assistant.

  1. Recruitment Administration

Pada tugas recruitment administration ini, penulis ditugaskan untuk melakukan scheduling interview kandidat dengan HR dan/atau user, scheduling kandidat online assessment, interpretasi hasil online assessment kandidat, scheduling MCU, emailing kandidat talent atau not ok, input data kandidat kedalam list bank data, input data kandidat kedalam new joiner.

  • Other Daily Job
  1. Campus Partnership

Pada tugas ini, penulis ditugaskan untuk membantu Talent Acquisition Specialist dalam program employer branding, di mana salah satunya yaitu campus partnership. Penulis diminta untuk menghubungi beberapa univeristas yang ada di Indonesia untuk menanyakan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan oleh universitas tersebut pada tahun ini, seperti job expo, seminar, guest lecture, dan beberapa kegiatan lainnya. Universitas yang penulis hubungi, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Bina Nusantara, dan Institut Teknologi Bandung.

  1. PIC for Binus Internship Program 2020 & 2021

Sebagai PIC untuk program Binus internship, penulis diberikan tanggung jawab untuk memastikan segala acara pada program internship berjalan lancar dan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Program internship yang ada, antara lain sharing session mahasiswa internship Binus dengan tim HCD, training untuk mahasiswa internship Binus, presentasi progress kerja dan presentasi final mahasiswa internship Binus. Selain itu, penulis juga bertanggung jawab terhadap end to end recruitment untuk mahasiswa internship Binus di periode berikutnya.

Pada program sharing session mahasiswa internship Binus dengan tim HCD, penulis diminta untuk membawakan acara tersebut, mulai dari membuat konsep/tema, invite peserta, hingga menjadi MC pada acara tersebut. Kemudian untuk training, penulis bertugas membantu trainer dalam menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan pada saat training dan membantu menjadwalkan serta mengundang para peserta untuk training tersebut. Sedangkan untuk end to end recruitment internship Binus, penulis bertugas untuk sourcing CV pada website internship Binus, kemudian melakukan screening terhadap CV yang dirasa memenuhi kualifikasi, menjadwalkan online test, conducting online test, scoring online test, menjadwalkan interview HR dan/atau user, conducting interview HR, hingga mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk kandidat join.

  1. Recruitment & Onboarding Survey

Pada saat hari onboarding, penulis diminta untuk memastikan bahwa semua new joiner mengisi recruitment dan onboarding survey yang ada.

 

Kesesuaian Kegiatan dengan Learning Plan

Kegiatan internship penulis di PT Anugerah Pharmindo Lestari berlangsung selama 5 bulan, dimulai pada tanggal 15 September 2020 dan berakhir pada tanggal 14 Februari 2021. Kegiatan internship dilakukan pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB, dengan sistem kerja work from home (WFH) dan work from office (WFO) apabila dibutuhkan.

Secara kesuluruhan, proses internship penulis di PT Anugerah Pharmindo Lestari melibatkan beberapa topik dalam mata kuliah Industrial and Organizational Psychology dan Methods of Observation and Interview (MOW), yaitu perihal rekrutmen dan interview di perusahaan.  Rekrutment merupakan proses di mana sebuah perusahaan menentukan dan menarik calon pelamar yang mampu bekerja pada suatu perusahaan (Rivai, 2009). Selain itu rekrutmen juga diartikan sebagai proses atau tindakan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan dalam mendapatkan tambahan pegawai (Maltis et al, 2010). Dalam proses rekrutmen terdapat salah satu tahapan, yaitu interview di mana melibatkan topik dalam mata kuliah Methods of Observation and Interview (MOW). Interview dapat diartikan sebagai salah satu wujud komunikasi interpersonal di mana merupakan suatu bentuk komunikasi yang langsung tanpa perantara media antar individu, dalam hal ini sebagai interviewer dan interviewee dilakukan secara bergantian serta sering kali peran itu menyatu (Psikologi.fisip-unmul.ac.id, 2009).

Sebagai Talent Acquisition Intern, penulis membantu dalam keseluruhan proses rekrutmen untuk level internship dan administrasi rekrutmen untuk level staff sampai senior manager. Selain itu penulis juga membantu tim Talent Acquisition pada employer branding, menjadi PIC Binus internship program, dan diberikan tanggung jawab untuk menyelesaikan 2 projek, yaitu guidance book dan automation untuk rekrutmen proses.

PT Anugerah Pharmindo Lestari memberikan kepercayaan dan tanggung jawab penuh kepada para intern. Sehingga para intern mendapatkan pengalaman dan skills yang maksimal.

Kompetensi Teknis

Berdasarkan area kompetensi teknis yang ada di dalam Learning Plan, terdapat kemampuan-kemampuan yang menjadi Learning Outcomes dalam program internship ini, yaitu:

  • Kemampuan menggunakan perspektif psikologi dalam menganalisa sebuah masalah berdasarkan teori, prinsip, dan penemuan di perusahaan.

Selama kegiatan internship, perspektif-perspektif psikologi digunakan dalam menangani masalah-masalah yang ditemui selama melakukan kegiatan maupun tugas yang diberikan. Pelajaran selama masa perkuliahaan psikologi, dapat memberikan banyak pengetahuan yang dapat digunakan selama masa internship.

  • Kemampuan untuk menggunakan pendekatan metodologis dalam menemukan solusi sebuah masalah di perusahaan.

Dalam proses rekritmen, dibutuhkan interview kandidat dengan tim Talent Acquisition. Dalam melakukan interview ini, tentunya diperlukan teknik-teknik tertentu untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Teknik yang diperlukan yaitu Methods of Observation and Interview (MOW) yang telah dipelajari di perkuliahaan. Dalam hal tersebut, penulis menggunakan pendekatan metodologis yang dipelajari mengenai observasi dan interview, termasuk teknik, tahap dan jenis interview-nya.

  • Kemampuan untuk menggunakan software yang membantu praktek psikologi di perusahaan.

Selama proses internship, penulis mendapatkan tugas-tugas yang membutuhkan Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Adanya tugas-tugas tersebut tentunya mengasah kemampuan penulis dalam menggunakan Microsoft Office. Banyak hal-hal baru yang dapat penulis pelajari, salah satunya rumus Vlookup di excel. Sehingga kemampuan penulis dalam menggunakan Microsoft Office menjadi meningkat.

 

Soft Skill

Berdasarkan area soft skills yang ada di dalam Learning Plan, terdapat enam keterampilan yang diukur, yaitu:

  1. Self-Development

Self-development ini dibutuhkan dalam mengerjakan segala kegiatan baik didalam pekerjaan maupun di perkuliahan. Namun dalam proses internship ini self-development menjadi lebih terarah, tidak hanya mengenai tugas-tugas yang diberikan tetapi juga pengalaman dalam dunia kerja. Hal ini menambah pengalaman serta pengetahuan mengenai self-development yang harus terus meningkat.

  1. Teamwork

Selama proses internship ini, penulis dituntut untuk bekerja sama dengan tim Talent Acquisition maupun dengan karyawan lainnya. Adanya pengalaman ini memberikan gambaran serta pengalaman langsung di dunia kerja yang berbeda dengan dunia perkuliahan. Penulis juga mendapat banyak pengetahuan dan cara kerja tim yang baik dari proses internship.

  1. Communication

Komunikasi menjadi hal penting dalam melakukan segala kegiatan selama proses internship ini. Adanya komunikasi yang baik dan efektif dapat membantu segala proses internship. Selama proses internship juga penulis banyak mendapatkan pengalaman serta pelajaran dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, sehingga kemampuan untuk berkomunikasi penulis baik lisan maupun tulisan meningkat.

  1. Planning & Organizing

Planning dan organizing ini secara strategis juga diperlukan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan selama proses internship. Penulis dituntut untuk merencanakan serta mengorganisir tugas-tugas yang diberikan, sehingga kemampuan penulis dalam planning dan organizing meningkat.

  1. Problem Solving & Decision Making

Kemampuan problem solving dan decision making ini sangat dibutuhkan selama proses internship berlangsung. Pada tugas-tugas yang diberikan, sering kali terdapat kendala-kendala. Kendala-kendala yang ada ini dapat dihadapi dengan kemampuan problem solving dan decision making. Selama proses internship, penulis sering mendapatkan kendala-kendala pada pengerjaan tugas yang diberikan, sehingga penulis dituntun untuk dapat menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dengan benar dan tepat.

  1. Initiative & Enterprise

Selama proses internship, penulis tentunya harus memiliki inisiatif dan berperan bagi perusahaan. Penulis secara aktif bertanya jika mendapatkan kesulitan serta mengungkapkan ide yang penulis miliki selama proses internship berlangsung.

 

Penuntasan Tugas dan Penanganan Masalah

Penuntasan tugas dan penanganan masalah penulis selama proses internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari seperti berikut:

  • Project
  1. Guidance Book for Recruitment Process

Timeline serta langkah yang dilakukan dalam mengerjakan dan menyelesaikan projek ini adalah sebagai berikut.

Pada minggu ke-4 September, penulis mempelajari keseluruhan proses rekrutmen di PT Anugerah Pharmindo Lestari. Kemudian di bulan berikutnya, Oktober sampai Desember penulis mulai membuat buku panduan dan berkoordinasi dengan melakukan meeting by Ms. Teams dengan  Recruitment Administration Staff, Talent Acquisition Spesialist, dan Talent Acquisition Manager untuk mengetahui masing-masing dari proses dan tahapan yang dilakukan dalam proses rekrutmen yang ada. Kemudian penulis melengkapi buku panduan untuk proses rekrutmen di PT Anugerah Pharmindo Lestari. Pada bulan Februari, penulis hanya melengkapi beberapa panduan terbaru dari proses rekrutmen yang ada dan melakukan finalisasi terhadap buku panduan yang telah penulis buat.

  1. Automation for Recruitment Process

Timeline serta langkah yang dilakukan dalam mengerjakan dan menyelesaikan projek ini adalah sebagai berikut.

Pada minggu ke-4 September penulis memperlajari tentang pembuatan Ms. Form. Kemudian di bulan Oktober penulis mulai membuat Ms. Form untuk application dan new hire information form dan melakukan trial pengisian form tersebut kepada mahasiswa internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari. Setelah membuat Ms. Form dan melakukan trial, penulis mulai untuk mempelajari flow untuk proses otomasi pengisian new joiner dan merevisi Ms. Form yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pada bulan November, penulis mulai membuat rumus excel untuk flow pengisian file new joiner. Pada minggu ke-2 di bulan November, automation projek ini di hold untuk sementara dikarenakan PT Anugerah Pharmindo Lestari mencari vendor untuk melanjutkan projek ini. Namun, pada minggu ke-4 di bulan November, penulis kembali mengerjakan projek ini dengan merevisi kembali Ms. Form yang telah dibuat sebelumnya serta melakukan trial kembali terhadap form dan flow kepada karyawan internal. Pada minggu pertama Desember, automation yang telah selesai penulis buat kemudian diluncurkan dan penulis melakukan demo penggunaan automation tersebut kepada Talent Acquisition team dan HR Generalist PT Anugerah Pharmindo Lestari. Kemudian automation tersebut digunakan mulai dari minggu pertama bulan Desember sampai minggu kedua bulan Februari. Pada minggu kedua di bulan Februari, tim IT PT Anugerah Pharmindo Lestari mengembangkan automation yang telah penulis buat kedalam bentuk website.

  • Daily Job
  1. Sourcing CV

Pada proses sourcing CV, penulis melakukan sourcing sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari site supervisor. Penulis tidak bertanggung jawab penuh atas pemenuhan karyawan yang diminta. Tugas sourcing ini hanya bersifat membantu tim Talent Acquisition dalam pencarian karyawan yang dibutuhkan.

  1. Recruitment Administration

Pada tugas recruitment administration ini, penulis bertanggung jawab penuh dalam administrasi proses rekrutmen setiap harinya selama proses rekrutmen berlangsung. Jika terdapat kendala, penulis langsung mengkoordinasikannya dengan tim Talent Acquisition maupun vendor berkaitan.

  • Other Daily Job
  1. Campus Partnership

Pada tugas ini, penulis ditugaskan untuk membantu Talent Acquisition Specialist dalam program employer branding, di mana salah satunya yaitu campus partnership. Penulis melakukan tugas ini sesuai dengan deadline yang diminta.

  1. PIC for Binus Internship Program 2020 & 2021

Sebagai PIC untuk program Binus internship, penulis diberikan tanggung jawab untuk memastikan segala acara pada program internship berjalan lancar dan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

  1. Recruitment & Onboarding Survey

Pada saat hari onboarding, penulis diminta untuk memastikan bahwa semua new joiner mengisi recruitment dan onboarding survey yang ada. Jika terdapat new joiner yang belum mengisi survey, maka penulis akan mengingatkan new joiner dengan mengirimkan email reminder untuk pengisian survey tersebut.

Pada akhir periode magang, penulis diminta untuk menganalisis data yang berkaitan dengan tugas-tugas yang diberikan selama proses magang serta mempresentasikan hasil analisis dan hasil dari tugas-tugas yang diberikan.

Kesimpulan

Sebagai salah satu perusahaan multinasional dibidang distributor farmasi di Indonesia, PT Anugerah Pharmindo Lestari sudah banyak meraih penghargaan. Selama melakukan kegiatan internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari, penulis mendapatkan banyak pengalaman serta skill baru di dunia kerja. Tim Talent Acquisition dan karyawan lainnya sangat banyak membantu penulis selama melakukan kegiatan internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari. Lingkungan kerja yang sangat positif serta supportif, memberikan banyak ruang untuk para intern dapat berkembang. Selama kegiatan internship ini penulis mendapatkan pengalaman dalam merasakan menjadi seorang karyawan yang sesungguhnya, di mana penulis harus bekerja selama jam kerja yang ditentukan, bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan, serta dituntut untuk menjadi profesional dalam lingkungan kerja.

Kegiatan internship ini juga banyak memberikan pelajaran bagi penulis. Pembelajaran yang didapatkan baik hard skills maupun soft skills. Pembelajaran hard skills yang penulis dapatkan seperti mengoperasikan job portal, administrasi proses rekrutmen, microsoft, projek, interview, serta tata cara pengiriman email yang baik dan benar. Sedangkan pembelajaran soft skills yang penulis dapatkan diantaranya, berkomunikasi formal secara baik dan benar, time & self-management di mana penulis harus mengatur waktu serta dapat memprioritaskan dan bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan, problem solving & decision making, di mana penulis harus dapat memecahkan maslaah yang dihadapi selama melakukan tugas serta membuat keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Tidak hanya itu, PT Anugerah Pharmindo Lestari memfasilitasi para intern dengan memberikan pembekalan berupa training serta kegiatan sharing session untu membantu dalam proses internship yang berlangsung. Training yang diberikan yaitu “The Power of Passion and Perseverance” dan “Start with Talent, Finish with Strengths” yang bertujuan untuk membantu para intern mengetahui dan mengenali masing-masing passion mereka dan dapat memperkuat passion yang mereka miliki agar dapat mencapai performance yang baik dalam bekerja.

Selain itu, dalam kegiatan internship ini penulis juga dapat menyadari bahwa teori-teori pembelajaran yang telah penulis dapatkan selama masa perkuliahan sangat berguna dan bermanfaat. Tidak sedikit teori-teori yang penulis dapatkan selama masa perkuliahan, dapat penulis terapkan dalam tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan selama sama internship. Salah satu kegiatan selama masa internship di PT Anugerah Pharmindo Lestari, yaitu pada saat penulis melakukan interview pada kandidat, di mana penulis dapat mengaplikasikan teori maupun metode pembelajaran dari Methods of Observation and Interview (MOW) yang telah penulis dapatkan di masa perkuliahan.

Selama kegiatan internship penulis juga dilatih untuk lebih teliti dalam melakukan segala kegiatan maupun tugas, percaya diri untuk berbicara dan bergaul dengan rekan kerja maupun atasan, serta menemukan passion penulis yang dibantu dengan adanya training dari PT Anugerah Pharmindo Lestari untuk para intern. Adanya program internship ini banyak memberikan pengalaman dan pembelajaran yang menjadikan penulis lebih siap dalam menghadapi situasi di luar zona nyaman serta memberikan pembekalan bagi penulis untuk terjun langsung ke dunia kerja nantinya. ( Ridha Azizah Dwi Satya Poetri; Faculty Supervisor: Dr. Juneman Abraham )