Sharing pengalaman observasi & wawancara dari Dosen Tamu MOW, Dr. Ngulube

Penulis: Putri Nadia Amini (Learning Support Internship) – Mahasiswa Psikologi Binus (B2022)

Dengan supervisi: Farah Mutiasari DJALAL, PhD – Lecturer Specialist S3 Psychology

 

Hallo semuanya, apa kabar? Semoga kalian semua diberikan kesehatan ya apalagi ditengah wabah covid yang lagi ngelewatin second wave ini, Jangan lupa kalo gak penting-penting banget tetep dirumah ya! Hari ini saya mau membagikan cerita tentang program edukatif yang dilakuin Psikologi Binus untuk temen-temen mahasiswa pada masa stay at home ini lho.

Pada hari Jum’at, 18 Juni 2021 seluruh mahasiswa mengikuti webimar bersama Mr. Mbongeni Ngulube dari Universitas Autonomous Barcelona, Spain lho! Siapa sih Mr. Mbongeni ini? Dia adalah seorang doctoral researcher di departemen Social and Cultural Anthropology di Fakultas Philosophy and Letters di Antunomous University Barcelona, Mr. Mbongeni ini sudah melakukan banyak penelitian apalagi yang berhubungan dengan Urban Design, ia bahkan sudah mempublikasikan 2 buku, yaitu Reflections on Development and Cooperation di tahun 2011 dan Development in Context : Challenges and Sustainable Urban Strategies pada tahun 2013. Keren banget kan? Dengan pengalaman mengajar, pendidikan , dan penelitian yang cukup lama, mahasiswa Binus University berkesempatan untuk mendengarkan materi dari Dr. Mbongeni Ngulube.

Salah satu topik yang diangkat saat kelas bersama dosen tamu, Dr. Ngulube.

Beliau membawakan materi tentang metode observasi dan bagaimana prosesnya, menjelaskan juga perbedaan quantitative dan qualitative dalam penelitian, jenis-jenis methodenya, dan menjelaskan juga bagaimana interview dalam penelitian, ilmu yang diberikan sangat singkat dan jelas, ditambah pembawaanya juga menarik dan bersemangat, mahasiswa juga tampak aktif saat sesi Tanya jawab apalagi pertanyaan yang diajukan sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Method of Observation and interview.

Foto bersama mahasiswa di akhir sesi.

Seru banget kan kegiatan yang diberikan mata kuliah ini, nambah ilmu juga, gak akan nyesel ikutnya apalagi ilmunya bermanfaat sampe kita bisa aplikasikan ilmunya ke dunia nyata, terima kasih Mr.Mbo!

Farah Mutiasari Djalal, PhD