Serunya praktikum MOW

Penulis: Putri Nadia Amini (Learning Support Internship) – Mahasiswa Psikologi Binus (B2022)

Dengan supervisi: Farah Mutiasari DJALAL, PhD – Lecturer Specialist S3 Psychology

 

Hallo semuanya, apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya apalagi di masa pandemic covid-19! Pada hari ini saya akan bercerita tentang pengalaman yang canggih ditengah pandemik kali ini, kira-kira apa ya? Pembelajaran Jarak Jauh! Lho? Bukannya itu wajar ya dilakuin di masa-masa sekarang? Iya wajar, tapi kali ini dan di mata kuliah Method Of Observation (MOW).

Pada dua pertemuan terakhir, dilaksanakan pembelajaran MOW dengan memberikan tugas kepada mahasiswa yaitu praktik interview, Mengusung tema “Pembelajaran Online” mahasiswa diminta untuk membuat pertanyaan untuk menjawab research question, lalu dipasangkan berdasarkan kelompok dan melakukan interview bersama teman kelompoknya. Jadi mereka melakukan interview bersama kelompok lain, satu menjadi interviewee satu menjadi interviewer. Seru kan?

Dalam proses praktikum, semua berjalan dengan lancar, mahasiswa mampu memberikan pertanyaan yang baik dan jawabannya juga menarik, senang sekali rasanya bisa melihat mahasiswa aktif dan mampu mengaplikasikan materi yang pernah diberikan di perkuliahan sebelumnya. Saya, Asisten Lab yang bertugas serta Kak Farah selaku dosen juga memberikan masukan kepada mahasiswa dan mereka menerima masukan kami dengan baik tentang persiapan mereka untuk melakukan wawancara di lapangan nanti mulai dari intonasi, mimic muka, bobot pertanyaannya, dan banyak yang kami evaluasi dari wawancara yang berlangsung

Akhirnya saya harus bilang ditengah kesulitan dalam pembelajaran ini, kami menemukan teknologi dan solusi yang baik supaya mahasiswa bisa menerima pembelajaran dengan baik dan menyenangkan! Saya, aslab, dan dosen sangat senang bisa berinteraksi walaupun hanya lewat daring! Semoga semangat teman-teman mahasiswa bisa dibawa sampai bisa mengaplikasikan wawancara nanti ya!

 

Farah Mutiasari Djalal, PhD