Workshop “Dealing With My Stress”

Pada tanggal 20 Mei 2021, telah dilaksanakan workshop sebagai bagian dari rangkaian Binus Festival pada bulan Mei 2021. Tema yang diangkat kali ini adalah “Dealing with My Stress” yang diikuti oleh kurang lebih 300 mahasiswa dari berbagai jurusan dengan sarana zoom cloud meeting. Sesuai dengan kehidupan mahasiswa dalam perkuliahan yang tidak terhindar dari rasa stress, tema ini dapat dikatakan sangat relevan dengan mereka. Maka itu, acara ini memiliki tujuan agar mahasiswa memahami pemicu stress, cara mengelola stress, dan mengidentifikasi perilaku overextension yang efektif dan non-efektif. Materi yang dibawakan kali ini juga berdasar pada konsep Lumina Spark yang merupakan konsep adaptasi dari teori kepribadian Carl Jung dan hasil riset Big Five.

Acara dimulai dengan mengetahui apa sajakah harapan dari para peserta dengan mengikuti workshop tersebut. Sesuai dengan tujuan acara, peserta ingin lebih memahami cara mengelola stress dalam diri masing-masing. Setelah itu, peserta diberikan video ilustrasi singkat agar mereka semakin memahami lagi pentingnya mengelola stress. Dengan ilustrasi tersebut, peserta dapat melihat dari perspektif luar dalam bagaimana stress dapat mempengaruhi dan merubah kehidupan seseorang. 

 

 

Untuk memastikan agar manfaat dari kegiatan workshop ini diperoleh secara maksimal, peserta kemudian dibagi ke dalam sepuluh breakout room dengan seorang fasilitator pada setiap room. Fasilitator terdiri atas 9 dosen Psikologi dan 1 dosen Sastra Jepang yang tentunya semua memiliki sertifikasi Lumina Spark. Fasilitator berperan sebagai pembimbing dengan membantu peserta mengenali situasi pemicu stress, perilaku tidak efektif saat berada dalam tekanan, serta membantu peserta untuk memunculkan perilaku efektif bila berada dalam tekanan tersebut. Di sana, terjadi sejumlah interaksi dan diskusi antar fasilitator dan mahasiswa dengan menggunakan Padlet. Mahasiswa diminta untuk mengisi padlet tersebut secara anonymous mengenai situasi yang mereka anggap adalah pemicu stress, mulai dari aspek perkuliahan maupun kehidupan keseharian. Setelah itu, diberikan materi mengenai perilaku overextension (perilaku yang muncul dibawah tekanan dengan menggunakan kualitas diri secara berlebihan) baik yang tidak efektif maupun yang efektif.

Namun, dikarenakan waktu yang terbatas, sangat disayangkan bahwa terdapat sejumlah breakout room yang sebetulnya belum tuntas dalam diskusi dan pembahasan materi per peserta. Di sisi lain, evaluasi akhir dari peserta menunjukkan hasil yang memuaskan dengan mereka menyatakan bahwa dirinya memperoleh materi yang sesuai dengan harapan awal mereka. Kemudian, pada penghujung acara diisi dengan sesi pembagian doorprize kepada sejumlah peserta yang beruntung. Tidak lupa juga dokumentasi bersama dilakukan sebagai penutup dari acara workshop kali ini. 

 

Pada workshop BFest Psikologi kali ini, acara dipandu oleh Naura Khalila Hasna sebagai MC acara. Panitia pada acara ini sendiri juga merupakan mahasiswa Psikologi BINUS, yaitu Divanni Ayumi, Maggie Alexandra Tjhia, Nabila Yulian Dasril, dan Therecia Austine. Sedangkan, pada fasilitator terdiri dari: Raymond Godwin, S. Psi., M.Si. (Kajur Psikologi), Dr. Esther Widhi Andangsari, M. Si., Psi. (SekJur Psikologi), Budi Sulaeman, M. Psi., Psi. (Coord. Student Development), Rani Agias Fitri, M. Si., Psi. (LS S2 Psikologi), Pingkan Rumondor, M. Psi., Psi. (SCC Psikologi), M. Nanang Suprayogi, Ph.D. (Research Coordinator Psikologi), Angela Dyah P, Ph.D (FM Psikologi), Greta Vidya P., M. Psi., Psi. (Manager Global Class), Nangoi Priscilla Francis (FM Psikologi), Aryo Edhie Nugroho M.Sc. (FM Psikologi), dan Hendy Reginald Cuaca Dharma, S.S., M.Si. (Sekjur Sastra Jepang). 

 Nantikan seminar atau workshop menarik lainnya pada Pekan Binus Festival berikutnya, ya!

Author: Maggie Alexandra Tjhia-2440020051 dan Dr. Esther Widhi Andangsari-Jurusan Psikologi

Maggie Alexandra