Apa itu Burnout?

 

Burnout adalah keadaan dimana seseorang merasa stress dan mengalami kelelahan secara emosional dan secara fisik (Fraga, 2019). Seseorang dengan burnout juga akan merasa stress dengan pekerjaannya, Lelah dan menjadi membenci pekerjaannya (Scott, 2020). Burnout juga dapat menyebabkan seseorang menjadi perfeksionis dan merasa pesimis (Scott, 2020).

Berikut adalah  beberapa simptom seseorang mengalami burnout (Scott, 2020) :

  • Kelelahan dan menghindari pekerjaan : orang dengan burnout akan merasa Lelah dan merasa stress dengan pekerjaannya. Sehingga orang dengan burnout cenderung akan menghindari kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaanya. Seseorang dengan burnout juga merasa Lelah secara emosional dan tidak bersemangat dalam pekerjaannya.

 

  • Seseorang dengan burnout juga dapat mengalami kelelahan secara fisik seperti sakit perut dan sakit kepala.

 

  • Performa kerja yang menurun : seseorang yang mengalami burnout akan mempengaruhi kinerjanya. Orang tersebut akan merasa sulit dalam berkonsentrasi.

Tetap ingat untuk menghubungi ahli untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat ya.

 

 

REFERENSI
Fraga, J. (2019, May). healthline . Retrieved from https://www.healthline.com/health/tips-for-identifying-and-preventing-burnout

Scott, E. (2020, March). Verywell Mind. Retrieved from https://www.verywellmind.com/stress-and-burnout-symptoms-and-causes-3144516

Therecia Austine