P2M BERSAMA SMA HARAPAN BANGSA

Beberapa waktu yang lalu, pada tanggal 19 Maret 2021 fakultas Psikologi Binus University memperoleh kesempatan untuk mengadakan Seminar online dengan orangtua dari siswa-siswi SMA Harapan Bangsa. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi infromasi mengenai “Mindful Parenting : Pengelolaan Emosi Dalam Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Online”. Seminar dibawakan oleh Dra. Lisa Ratriana C. M. Si dan Dr. Yosef Dedy Pradipto, L.Th., M. Hum., M.Si. selaku dosen yang mengajar di Universitas Bina Nusantara.

 

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB menggunakan zoom meeting dan diikuti oleh 146 peserta. Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bpk. Ignasius Sudjadi dan dilanjutkan dengan sedikit kata sambutan dari Bu Abigail Nike mewakili SMA Harapan Bangsa. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Dra. Lisa dan Dr. Yosef yang menjelaskan bagaimana cara mengelola emosi sebagai orangtua saat membimbing anak belajar di masa pandemi. Pemaparan materi berlangsung selama 1 jam dan diakhiri dengan sesi berbagi atau “sharing” oleh orangtua yang ingin berbagi kisah dan pengalaman mengenai bagaimana keadaan emosi orangtua terdampak oleh pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung.

 

Hal yang berkesan dari kegitan ini adalah setiap orangtua mengikuti kegiatan dengan aktif dan semangat. Para orangtua menunjukan tingkat antusiasme yang tinggi dalam menjawab pertanyaan serta berbagi cerita mengenai pengalaman pribadi mereka dalam membimbing anak di masa pandemic. Pihak Binus sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pihak orangtua dan sekolah. Kami berharap melalui seminar ini, informasi yang diberikan dapat membantu orangtua untuk membimbing anak dalam pembelajaranya di sekolah di masa pandemi ini.

Andre Ferdinand