HIMPSIKO x PKM

Refleksi

Kegiatan PKM ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Binus University khususnya jurusan Psikologi, karena melalui kegiatan PKM ini, jiwa kreativitas dan kerja sama dalam kelompok dapat terasah dengan baik. HIMPSIKO sebagai himpunan mahasiswa untuk jurusan Psikologi sangat mendukung adanya PKM ini dan akan membantu sepenuhnya agar program PKM ini dapat terselenggarakan dengan baik. Pada program PKM di periode selanjutnya, HIMPSIKO akan menyiapkan perwakilan yang sudah dibekali dengan pemahaman mengenai teknis berjalannya PKM untuk membantu jalannya program ini. Sehingga, PKM nantinya akan menjadi kerja sama antara HIMPSIKO dan Jurusan secara jangka panjang.

Rencana HIMPSIKO terkait PKM       

Pada periode kepengurusan selanjutnya (2021), HIMPSIKO akan menyebarluaskan informasi terkait PKM dan segala aspek-aspek yang dibutuhkan dalam PKM ke media sosial yang dimiliki HIMPSIKO, seperti instagram, website, youtube, dan lain-lain. Sehingga, dengan penyebarluasan informasi tersebut diharapkan mahasiswa Psikologi BINUS akan lebih tertarik dan menjadikan PKM ini sebagai ajang untuk meningkatkan jiwa kompetisi mereka. Dengan mengambil langkah tersebut, HIMPSIKO bersama dengan Jurusan dapat mengubah sudut pandang yang ada mengenai PKM, menanamkan kegiatan PKM ke dalam budaya akademik pada mahasiswa, serta mengembangkan minat mahasiswa Psikologi BINUS untuk berpartisipasi dalam kegiatan PKM ke depan.

Pengalaman Positif

Pengalaman positif yang dialami oleh HIMPSIKO selama proses pelaksanaan PKM ini adalah :

  • Merupakan suatu kebanggaan tersendiri, karena Jurusan Psikologi bisa menyumbang banyak PKM untuk dikirim ke SIMBELMAWA.
  • Mahasiswa dapat aktif dalam perlombaan ditingkat Nasional dan menambah pengalaman.
  • Hasil kerja perwakilan HIMPSIKO yang membantu PKM saat ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi untuk perwakilan HIMPSIKO selanjutnya mengenai apa saja yang harus dilakukan terkait dengan tahapan dalam pelaksanaan PKM.
  • Hubungan kerja sama antara HIMPSIKO dan Jurusan dapat terjalin dengan lebih baik.
  • Perwakilan HIMPSIKO yang membantu PKM ini jadi lebih mengenal dengan sesama mahasiswa Jurusan Psikologi lainnya, baik yang satu angkatan maupun berbeda angkatan.
  • Melatih ketelitian dan komunikasi para perwakilan HIMPSIKO yang membantu jalannya PKM.

Pengalaman yang menantang

Pengalaman menantang yang dialami oleh HIMPSIKO selama proses pelaksanaan PKM ini adalah :

  • Kondisi eksternal, yaitu waktu yang diberikan terlalu sempit.
  • Kondisi daring/online, yang mana terdapat beberapa mahasiswa yang sulit untuk dihubungi.
  • Terdapat beberapa sesi yang bentrok dengan kesibukan mahasiswa, baik peserta maupun HIMPSIKO.

HIMPSIKO