social anxiety disorder

Social anxiety disorder atau social phobia adalah suatu keadaan mental yang menyebabkan sesorang mengalami ketakutan ketika berada dalam situasi sosial seperti merasa takut dan cemas ditonton dan dihakimi oleh orang lain (Cuncic, 2020). Orang dengan social phobia memiliki beberapa gejala yaitu, memiliki ketakutan akan dihakimi oleh orang lain, merasa takut ketika berada di tempat dengan orang-orang asing dan takut dipermalukan oleh orang lain (Cuncic, 2020).

Orang dengan social anxiety disorder juga memiliki gejala yang terlihat seperti muka memerah dan tangan yang gemetaran. Orang dengan social anxiety disorder cenderung menghindari kegiatan sosial (Cuncic, 2020). Social anxiety disorder dapat disebabkan karena beberapa hal antara lain yaitu bullying, kekerasan dalam keluarga dan kekerasan seksual (Higuera, 2018). Social anxiety disorder juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan serotonin dalam tubuh seseorang. Hal tersebut menyebabkan bagian otak yang mengendalikan cemas bekerja berlebihan (Higuera, 2018).

Social anxiety disorder dapat dikurangi dengan melakukan kegiatan-kegiatan di rumah. Kegiatan yang dapat dilakukan dapat berupa (Cuncic, 2020):

  • mengikuti perkumpulan daring sehingga dapat mulai terbuka dengan orang lain.
  • memulai kebiasaan baik seperti rajin berolahraga dan merubah pola tidur.
  • melakukan kegiatan relaksasi seperti melakukan yoga dan meditasi.

Hal-hal tersebut dapat membantu untuk mengurangi gejala ringan dari social phobia. Tetapi ingat untuk tetap menghubungi ahli untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

 

REFERENSI

Cuncic, A. ( 2020, December). verywell mind. Retrieved from https://www.verywellmind.com/social-anxiety-disorder-4157220

Higuera, V. (2018, September). healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/anxiety/social-phobia