Induksi Aslab Psikologi

Haii Para Pembaca,
Semangat menjalani hari ya!

Pada tulisan ini, saya hendak membagikan cerita mengenai kegiatan “Induksi Asisten Lab Psikologi” yang akan mulai mengajar pada semester yang akan berjalan pada pekan ke III bulan Februari ini. Kegiatan ini dihadiri oleh 9 Aslab Psikologi, 3 Dosen Pengajar serta Tim Lab Psikologi.

Kegiatan Induksi bertujuan untuk memberi pembekalan kepada Para Aslab untuk siap saat mengajar khususnya pada matakuliah Metode Observasi dan Wawancara. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Februari 2021 melalui zoom. Kegiatan induksi diawali dengan sambutan dari Mas Wisnu Wiradhany selaku Kepala Lab Psikologi @BINUS Kemanggisan. dalam sambutnya, Mas Wisnu menegaskan pentingnya kegiatan induksi ini sebagai bekal untuk Para Aslab lebih siap dalam mengemban tugas dan tanggung jawab. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyegaran materi matakuliah MOW yang disampaikan oleh Ibu Istiani. Dalam paparannya, Ibu Isti menyampaikan observasi dan wawancara sejatinya merupakan dua dari beberapa tools yang dapat digunakan untuk memperoleh data. Lalu, metode pengambilan data melalui observasi dan wawancara dapat diterapkan dalam setting penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Setelah Ibu Isti selesai memberi penyegaran materi, maka materi induksi dilanjutkan dengan penyampaian oleh Ka. Budi mengenai Visi dan Misi Jurusan Psikologi, sasaran mutu, tugas dan peran aslab serta tutorial penggunaan messier untuk kegiatan praktikum. Ka Budi menyampaikan perlunya asisten lab memahami visi, misi serta sasaran mutu di Jurusan Psikologi karena aslab merupakan bagian dari stuktur di Lab Psikologi. Selain itu, Ka Budi juga menegaskan bahwa aslab dan dosen pengajar adalah tim kerja, artinya diperlukan kerja kolaboratif. Kemudian, dilanjutkan dengan paparan tutorial penggunaan messier baik bagi Para Aslab maupun Para Dosen. Beberapa fitur yang perlu dipahami yakni (a). melakukan unduh jawaban mahasiswa sampai proses skoring, (b). melihat course outline, (c) meninjau jadwal mengajar dan (d). mengakses tautan zoom untuk mengajar.

Di bagian akhir, kegiatan induksi ditutup dengan koordinasi yang disampaikan oleh Dosen pengajar yang diwakili oleh Pak Yan Andre. Pak Yan menceritakan beberapa poin penting yang merupakan hasil dari kesepakatan peer review sehingga Para Aslab memperoleh gambaran secara jelas mengenai bentuk assignment serta aktivitas yang akan dilaksanakan. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan foto bersama Para Aslab, Tim Dosen Pengajar serta Tim Lab Psikologi.

Kiranya Para Aslab semakin siap dalam mengemban peran, tugas dan tanggung jawab
Semangaat!

————————————————-
Kunjungi media sosial Kami:

Instagram: @psikologi_binus
Youtube: Psikologi BINUS

Budi Sulaeman