Pengalaman Mengikuti Pengayaan Mahasiswa oleh Alfiani Vitri Indraswari

Halo, rekan-rekan Psikologi!

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Jurusan Psikologi BINUS University pada Sabtu, 30 Januari 2021 lalu. Webinar dengan tema “Impactful Communication in the Workplace” dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa/i Psikologi BINUS yang hendak memasuki semester 6, dimana Enrichment Program akan berlangsung. Dengan mengundang pemateri yang merupakan salah satu alumni Psikologi BINUS angkatan pertama, yaitu Kak Gilda Ersalina, S.Psi., webinar berdurasi kurang lebih 2 jam 45 menit ini menjadi semakin menarik! Kak Gilda sendiri memiliki jabatan terakhir di pekerjaannya sebagai CSD Assistant Manager di Home Credit Indonesia. Keren kan?!

Dalam webinar ini, banyak sekali informasi-informasi berguna yang diberikan oleh Kak Gilda, yang tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kami, para mahasiswa/i Psikologi BINUS yang sebentar lagi memasuki masa Enrichment Program. Salah satu informasi yang cukup menarik perhatian saya adalah tentang cara berkomunikasi efektif di dunia kerja. Kak Gilda memberikan beberapa tips and tricks menjalin komunikasi dua arah yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Kemudian, Kak Gilda juga membahas mengenai pentingnya menerapkan active listening dalam menjalin komunikasi di lingkungan kerja.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah ketika Kak Gilda menjelaskan tentang DISC. Ternyata, cara kita berkomunikasi bisa disesuaikan dengan personality type lawan bicara kita loh! Menarik banget ya? Selanjutnya, webinar ditutup dengan sesi tanya jawab dimana Kak Gilda sempat menjawab salah satu pertanyaan partisipan mengenai pengelolaan jam kerja yang baik termasuk pemberlakuan batas mengirim pesan. Pada sesi ini, Kak Gilda juga memberikan saran untuk kami yang akan menjalani Enrichment Program dengan sistem WFH (Work from Home), untuk menyediakan satu spot untuk bekerja, agar terhindar dari berbagai distraksi yang ada di rumah. Oh ya, selain memberikan materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan partisipan, Kak Gilda juga berbagi pengalaman magang pertamanya di Unilever.

Secara keseluruhan, saya sama sekali tidak menyesal mengikuti webinar ini. Menurut saya, webinar ini sukses memberikan bekal bagi para mahasiswa/i Psikologi BINUS sebelum menjalani Enrichment Program. Saya mewakili teman-teman di Psikologi yang sama-sama mengikuti webinar kemarin, mengucapkan terima kasih kepada Jurusan Psikologi yang telah menyelenggarakan webinar ini, dan juga tentunya kepada Kak Gilda yang telah memberikan materi yang sangat insightful!

Sampai bertemu di lain waktu!

Tentang Penulis:

Alfiani Vitri Indraswari | Binusian 2022

Psikologi BINUS University | Instagram page: @alfianivtr

Alfiani Vitri Indraswari