Leadership Styles_06

Situational Leadership

Situational Leadership, menurut Hersey dan Blanchard (1977), dapat memberikan dasar untuk memahami dampak potensial dari setiap basis kekuatan (power). Situational Leadership didefinisikan sebagai kesiapan kompetensi dan kehendak dari pemimpin untuk bertanggung-jawab mengarahkan perilaku bawahan untuk berkembang menjadi lebih matang dalam pekerjaannya (Hersey, P., Blanchard, K. H., & Natemeyer, W. E., 1979). Sementara itu Graeff (1997) memberikan kontribusi pada penjelasan tentang tujuan dari Situational Leadership, yakni untuk mendapatkan kepemimpinan yang efektif dan rasional dalam memahami situasi tertentu dan kemudian memberikan responds yang sesuai dan tepat dengan situasi yang ada saat itu. Situational Leadership adalah kepemimpinan yang dikenal karena berani mengambil sikap suportif dalam memberikan bimbingan yang tepat serta dukungan yang memadai saat karyawan mengerjakan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan sukses (Cnaf, A., & Wright, W., 2013).

Dalam konteks teori, Ghazzawi, Shoughari  dan Osta (2017) memberikan paparan bahwa Situational Leadership adalah teori kepemimpinan yang menggabungkan dimensi direktif dan suportif. Namun kedua dimensi tersebut mesti diterapkan dengan benar dan hanya berlaku pada situasi tertentu saja. Farmer (2012) menambahkan bahwa Situational Leadership ini merupakan kombinasi dari tiga komponen perilaku yang berkaitan dengan tugas dan pekerjaan, komitmen dan interaksi antara pimpinan dengan karyawannya. Keberhasilan dari gaya Situational Leadership ini sangat ditentukan oleh upaya pemimpin mengelola ketiga komponen perilaku tersebut pada karyawan sebagai bentuk dukungan pada kinerja karyawan (Farmer, 2005).

Referensi

Cnaf, A., & Wright, W. (2013). Anexiety: Counseling the job insecure client. Journal of Employment Counseling.

Farmer, L. A. (2005). Situational leadership: A model for leading telecommuters. Journal of Nursing Management, 13(6), 483-489.

Graeff, C. L. (1997). Evolution of situational leadership theory: A critical review. The Leadership Quarterly, 8(2), 153-170.

Ghazzawi, K., Shoughari, R. E., & Osta, B. E. (2017). Situational leadership and its effectiveness in rising employee productivity: A study on North Lebanon organization. Human Resource Management Research7(3), 102-110.

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Natemeyer, W. E. (1979). Situational Leadership, Perception, and the Impact of Power. Group & Organization Studies, 4(4), 418–428.

 

Yosef Dedy Pradipto

Yosef Dedy Pradipto