COACHING LEADERSHIP

Menurut Kim (dalam Peng, Gao, & Zhao, 2019) Coaching Leadership adalah gaya kepemimpinan yang menghargai kebutuhan dan mengapresiasi perkembangan karyawan yang menjadi bawahan seorang pemimpin. Coaching Leadership menaruh perhatian yang cukup serius pada proses komunikasi timbal balik yang membangun meski tetap memberikan otorisasi tertentu serta mengandaikan partisipasi, tanggung jawab dan motivasi yang lebih besar (Rapp, Garcia, & Archer, 2017).. Oleh karena itu menjadi wajar kalau Coaching Leadership fokus pada upaya peningkatan dan pengembangan ketrampilan, kapasitas dan kompetensi baik kognitif maupun intelektual karyawan. Agar terjadi situasi yang kondusif dan terjadi apa yang disebut win-win solution baik untuk karyawan maupun organisasi maka menjadi penting untuk membangun hubungan interaktif yang baik, hangat dan produktif antara pemimpin dan karywan (Wang, Yuan, & Zhu, 2017). Relasi interaktif yang mutual personal antar individu yang terkondisi dalam Coaching Leadership ini akan memberikan peneguhan efikasi diri dan meningkatkan kinerja individu yang pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas organisasi  (Anthony, 2017; Harper dalam Sherrer & Rezania, 2020).

REFERENSI

Anthony, E. L. (2017). The impact of leadership coaching on leadership behaviors. Journal of Management Development, 36(7), 930–939.

Peng, Z., Gao, B., & Zhao, H. (2019). Coaching leadership and subordinates’ career success: The mediating role of leader–member exchange. Social Behavior and Personality: An International Journal, 47(11), 1–8.

Rapp-Ricciardi, M., Garcia, D., & Archer, T. (2017). Personal attributes linked to empowerment that influence receptivity to coaching leadership. Coaching: An International Journal of Theory, Research and Practice, 11(1), 30–45.

Sherrer, M., & Rezania, D. (2020). A scoping review on the use and effectiveness of leadership coaching in succession planning. Coaching: An International Journal of Theory, Research and Practice, 1–11.

Wang, Y., Yuan, C., & Zhu, Y. (2017). Coaching leadership and employee voice behavior: A multilevel study. Social Behavior and Personality: An International Journal, 45(10), 1655–1664.

Yosef Dedy Pradipto