Leadership Styles_01

Bureaucratic Leadership

Bureaucratic Leadership didefinisikan oleh Amanchukwu, Stanley, dan Ololube (2015) sebagai gaya kepemimpinan yang cenderung ketat mengikuti aturan dan dengan demikian kemudian juga berupaya memastikan bahwa para bawahan atau karyawannya mengikuti prosedur yang telah ditentukan sebelumnya dengan tepat. Ojokuku, Odetayo, dan Sajuyigbe (2012) menjelaskan bahwa Bureaucratic Leadership adalah gaya kepemimpinan yang lebih banyak bersandar dan mendasarkan segala sesuatu pada aturan. Sebagai konsekuensi, pemimpin dengan gaya kepemimpinan birokratis akan cenderung membuat berbagai peraturan dan memastikan bahwa semuanya tunduk pada peraturan agar  tujuan organisasi dapat tercapai.

Referensi

Amanchukwu, R. N., Stanley, G. J., & Ololube, N. P. (2015). A review of leadership theories, principles and styles and their relevance to educational management. Management5(1), 6-14.

Ojokuku, R. M., Odetayo, T. A., & Sajuyigbe, A. S. (2012). Impact of leadership style on organizational performance: a case study of Nigerian banks. American journal of business and management1(4), 202-207.