Dialog Psikologi goes Digital: How Technology Transforms Business, Teaching and Research

Tepat pada hari Rabu, 16 Desember 2020, Jurusan Psikologi BINUS menyelenggarakan suatu webinar yang berjudul “Dialog Psikologi goes Digital: How Technology Transforms Business, Teaching and Research” bersama dengan pembicara Dr. Jonas Heller dari School of Business and Economics Department of Marketing and Supply Chain Management Maastricht University. Acara webinar ini terbuka khusus untuk para anggota fakultas dan mahasiswa Humaniora BINUS.

Dalam webinar ini, Dr. Jonas menyampaikan berbagai macam ilmu sesuai dengan tema dari webinar, yaitu adanya perkembangan peran teknologi dalam bisnis, mengajar, dan riset. Webinar ini dibukai dengan kata sambutan dari Kak Wisnu, salah satu dosen Jurusan Psikologi BINUS sebagai moderator acara dan dilanjutkan oleh perkenalan diri dari Dr. Jonas sebagai pembicara.

Setelah perkenalan diri selesai, Dr. Jonas perlahan mulai masuk ke dalam bagian inti dari materi yang telah disiapkannya. Dr. Jonas membahas  mengenai perubahan dari analog ke digital yang telah terjadi dan banyak ditemukan di sekitar kita. Apa yang dibahas oleh Dr. Jonas ini memang merupakan fakta yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang terutama generasi muda. Contoh perubahan dari analog ke digital yang tidak sedikit orang telah rasakan yaitu smartphone, perubahan metode mencatat di buku tulis yang berubah menjadi mencatat dengan hanya mengetik menggunakan gadget, mobile banking untuk pembayaran, dll. Semua perubahan ini telah dirasakan untuk beberapa tahun terakhir. Namun pada tahun 2020 ini, perubahan dari analog ke digital ini dapat semakin dirasakan karena terjadinya pandemi COVID-19. Dengan adanya banyak keterbatasan pada masa ini, salah satu solusi yang banyak digunakan yaitu adalah digital use. Seperti contohnya, sesuai dengan protokol kesehatan dari Pemerintah, BINUS menghimbau para mahasiswanya untuk kuliah dari rumah. Semua perkuliahan hingga layanan administrasi yang ada di BINUS segera diubah menjadi metode online.

Dengan adanya webinar ini, Dr. Jonas kembali mengingatkan kembali peran dari teknologi pada bisnis, riset, sekaligus metode mengajar di zaman yang serba digital ini. Tidak ada salahnya untuk mengikuti perkembangan zaman dan terus mempelajari sumber daya yang tersedia di sekitar. Sebagai generasi muda, kita harus terus belajar mengenai perubahan karena tidak semua perubahan itu merupakan sesuatu yang buruk. Dengan mempelajari perubahan, kita dapat mengembangkan diri kita dan memanfaatkan perubahan tersebut dengan baik dan benar.

So, stay healthy and keep learning!

 

Jurusan Psikologi BINUS