Berbagi pengalaman menulis dan meneliti di UNUSIA

Halo semua para pegiat kuliah online!

Dalam tulisan kali ini, saya ingin bercerita tentang pengalaman saya diundang sebagai dosen tamu di Program Studi Psikologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Jakarta untuk berbagi pengalaman tentang menulis ilmiah dan meneliti. Tepatnya Kamis, 5 November 2020 lalu, saya diminta untuk memberikan kuliah tentang penulisan ilmiah dan penelitian kepada mahasiswa UNUSIA yang akan menyusun proposal skripsi. Kegiatan ini menjadi bagian dari mata kuliah Penulisan Proposal Skripsi yang diampu oleh Fajar Erikha, S.Psi., M.Hum. Kuliah ini pun Dihadiri oleh sekitar 30an peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, acaranya berlangsung seru!

Poster kegiatan kuliah tamu yang saya bawakan

Dalam kuliah tersebut, saya berbagi pengalaman mengenai tips and tricks dalam menulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, beserta suka duka dalam menulis. Selain itu, saya juga bercerita mengenai etika yang wajib dipatuhi oleh peneliti Psikologi ketika melaksanakan penelitian Psikologi, termasuk di dalamnya mengenai jenis-jenis pelanggaran etika penelitian dan bagaimana cara-cara menghindarinya. Bagian terakhir saya tutup dengan berbagi pengalaman mengenai keuntungan menjadi peneliti. Bahwa selain untuk mendapatkan gelar sarjana Psikologi, dengan penelitian yang baik dan beretika, mampu mengantarkan saya melihat dunia!

 

Beberapa cuplikan saat memberikan kuliah tamu di UNUSIA.

Di akhir sesi, saya juga mendapatkan berbagai pertanyaan-pertanyaan menarik seputar menulis dan meneliti. Terima kasih banyak untuk antusiasme teman-teman UNUSIA ya! Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kalian semua dan sampai bertemu di kerjasama selanjutnya!

Farah Mutiasari Djalal, Ph.D