Tidak sedikit orang yang berkata bahwa kita hidup sebagai manusia harus memiliki tujuan hidup. Jika kita memiliki tujuan hidup, kita dapat menjalani hidup kita secara lebih teratur. Dan sebaliknya jika kita tidak memiliki tujuan hidup, kemungkinan dapat menjalankan hidup yang kurang teratur.

“Apakah memiliki tujuan hidup yang jelas merupakan suatu hal yang penting?”

“Mengapa tujuan hidup itu penting?”

Jika Anda pernah memiliki renungan yang sama seperti apa yang tertulis di atas, mungkin penjelasan di bawah ini dapat membantu untuk memberikan sedikit insight mengenai penting atau tidaknya memiliki tujuan hidup.

  1. Individu dengan tingkat eudemonic well-being yang tinggi cenderung hidup lebih lama. Yang dimaksud dengan eudaimonic well-being yaitu kebahagian atau kepuasan yang dicapai melalui aktualisasi diri dan ketika seseorang memiliki tujuan yang bermakna dalam hidupnya.
  2. Perasaan memiliki tujuan hidup memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan seseorang. Seperti contohnya, kemungkinan untuk terkena penyakit stroke dan serangan jantung lebih sedikit, kualitas tidur lebih baik, hingga risiko terkena dimensia atau disabilitas lainnya lebih rendah.
  3. Individu dengan tujuan hidup yang jelas dapat menghasilkan lebih banyak uang dibanding individu yang merasa bahwa pekerjaan mereka tidak memiliki makna tertentu yang jelas.

Dengan melihat ketiga poin di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan hidup memanglah merupakan sesuatu yang penting untuk kita miliki. Jika kita memiliki tujuan hidup, manfaatnya pun akan dapat kita rasakan sendiri dan sangat menguntungkan bagi diri kita. Lalu, bagaimana caranya untuk mencari atau menentukan tujuan hidup jika merasa belum memiliki satu tujuan pun sama sekali?

Pertama, kita bisa memulai dari donate time, money or talent. Dimana kita membantu orang lain tanpa mengharapkan balasan apapun. Bantuan yang diberi dapat berbentuk kegiatan volunteer, sumbangan, hingga perbuatan baik lainnya kepada orang-orang di sekitar.

Kedua, kelilingilah diri kita dengan orang-orang yang positif. Jika kita dikelilingi oleh orang yang membuat kita mengalami perubahan yang positif, kita bisa mendapatkan inspirasi dari mereka.

Ketiga, memulai percakapan dengan orang asing. Memang pada awalnya, memulai percakapan dengan orang asing terasa sulit dan canggung. Tetapi dengan begitu, kita dapat memperluas perspektif dan memperoleh peluang yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh diri kita sendiri.

Dan yang terakhir, yaitu perhatikan hal-hal apa saja yang menyenangkan bagi diri kita sendiri. Karena hal-hal tersebut dapat membantu kita mengidentifikasi tujuan hidup.

Discover what you love, do what you love!

 

REFERENSI:

American Psychological Association. (n.d.). Eudaimonic well-being. In APA dictionary of psychology. Retrieved July 2, 2020, from https://dictionary.apa.org/eudaimonic-well-being

Morin, A. (2020, January 31). 7 tips for finding your purpose in life. Diperoleh dari:  https://www.verywellmind.com/tips-for-finding-your-purpose-in-life-4164689

 

Jurusan Psikologi BINUS