[Digital Content] Culture and Gender

Pengertian jenis kelamin (sex) adalah suatu pensifatan atau pembagian dua jenis kelamin yakni laki-laki dan perempuan (F. Mansour (2001). Keduanya dibedakan oleh bentuk dan fungsi alat reproduksi manusia. Sex adalah fakta biologis yang tidak memberikan ruang untuk diperdebatkan dimana laki-laki memiliki penis sedangkan perempuan memiliki vagina. Menurut Muhtar (2002), pengertian gender adalah jenis kelamin sosial atau konotasi masyarakat untuk menentukan peran sosial berdasarkan jenis kelamin. Dalam video materi ini tidak hanya mempelajari tentang sex dan gender akan tetapi juga memberi ilustrasi tentang bagaimana peran gender dalam budaya.

Objectives

  • Sex and gender
  • Peran sex dalam berbagai budaya
  • Perbedaan gender dalam budaya
  • Divisi tenaga kerja
  • Budaya, peran gender dan stereotip
  • Peran etnis dan gender

Sex adalah karakteristik fisik dan perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Menurut Hasples dan Suriyasarn (2005), pengertian gender adalah sebuah variabel sosial untuk menganalisa perbedaan laki-laki dan perempuan yang berkaitan dengan peran, tanggung jawab dan kebutuhan serta peluang dan hambatan. Perbedaan gender dan jenis kelamin (seks) adalah bahwa gender dapat berubah, dapat dipertukarkan, tergantung waktu, budaya setempat, dan bukan merupakan kodrat Tuhan, melainkan buatan manusia. Lain halnya dengan seks, seks tidak dapat berubah, tidak dapat dipertukarkan, berlaku sepanjang masa, berlaku dimana saja, di belahan dunia manapun, dan merupakan kodrat atau ciptaan Tuhan (Subhan, 2004). Menurut Koalisi Perempuan Indonesia (2011) peran gender adalah peran-peran dalam masyarakat yang dikerjakan oleh perempuan dan laki-laki karena jenis kelamin mereka berbeda. Peran seorang ibu dan ayah, contohnya hak dan kewajiban untuk mengasuh anak-anak dan mencarikan nafkah bagi keluarga. Kedua peran tersebut dihubungkan dengan perilaku-perilaku dan konsekuensinya adalah nilai-nilai sosial.

Assessment Or Learning Activity

  • Apakah peran gender mempengaruhi jenis pekerjaan yang bisa dilakukan seseorang? Berikan penjelasan dari jawaban tersebut

Referensi

Mansour. (2001). Analisis Gender dan Transformasi social Cetakan VI. Yogyakarta : Pustaka pelajar.

Farrel, D., and C. L. Stamm,” Meta-Analysis of the Correlates of Employee Absence,” Human Relations, Spring 1983, pp. 211-217.

H, Anna-Karina. (2018). Gender and Material Culture. DOI: 10.1002/9781118924396.wbiea1381.

Koalisi Perempuan Indonesia. (2011). Peran-peran Gender. http://www.koalisiperempuan.or.id/2011/05/04/peran-peran-gender/. Di akses pada 25 Juni 2020.

Hapsari, W.S. & Claudia, D.Y. (2012). Kecenderungan Siswa SMA Di Bekasi dalam memilih topik esai ditinjau dari perspektif gender. Jurnal UGM, Vol 24.

Matsumoto, D., & Juang, L. (2004). Culture and psychology. Belmont, USA: Thomson-WadsworthThomson Learning.

 

Jurusan Psikologi BINUS