Mempererat Hubungan Keluarga

Keluarga, Kata yang sangat sering kita dengar maupun gunakan.

Tapi sebenarnya apakah makna dari kata “keluarga” ini?

Menurut APA Dictionary of Psychology, Keluarga merupakan satuan kekerabatan yang terdiri dari sekelompok individu yang disatukan oleh hubungan darah atau perkawinan, adopsi, atau hubungan lainnya.

 

Apakah Anda sering melakukan quality time bersama keluarga anda?

Rupanya selain dengan teman dekat, quality time juga butuh dilakukan dengan keluarga. Dengan melakukan quality time, sebuah keluarga dapat memperat hubungannya dan merasakan rasa aman bagi seluruh anggota di keluarganya.

Lalu bagaimana caranya melakukan quality time tersebut?

Apa yang harus dilakukan untuk mempererat hubungan keluarga?

  1. Membuat jadwal “family time

Karena masing-masing anggota keluarga memiliki jadwal yang berbeda-beda, seperti contohnya terdapat anggota keluarga yang harus kerja atau sekolah, disarankan untuk membuat persetujuan antar anggota keluarga dalam menentukan waktu khusus untuk menghabiskan waktu bersama. Family time, tentunya lebih baik dilakukan pada saat seluruh anggota keluarga memiliki waktu luang agar tidak merasa ada beban yang terabaikan. Terdapat beberapa contoh strategi yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Menentukan waktu atau hari khusus untuk menghabiskan waktu bersama.
  • Merencanakan liburan sederhana, setidaknya sekali dalam satu bulan.
  • Melakukan tradisi, seperti contohnya mengadakan perayaan ulang tahun kecil-kecilan pada hari ulang tahun setiap anggota keluarga.
  • Melakukan kegiatan volunteer bersama-sama.

 

  1. Makan malam bersama

Alangkah indahnya jika setiap hari kita dapat makan malam bersama keluarga di rumah. Namun, kegiatan makan malam bersama ini kadang-kadang menjadi sedikit sulit dilakukan jika jadwal pulang ke rumah para anggota keluarga tidak sinkron. Jadi, jika terdapat waktu dimana seluruh anggota keluarga sudah berada di rumah pada saat jam makan malam, makanlah bersama-sama. Hindari penggunaan gadget dan luangkan waktu untuk makan malam sambal berbincang-bincang satu sama lain.

 

  1. Membersihkan rumah bersama

Melakukan “kerja bakti” di dalam rumah bersama anggota keluarga juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat mempererat hubungan keluarga. Tentukan pembagian tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing anggota keluarga dan lakukanlah pada saat yang bersamaan. Jika dikerjakan bersama, semua akan terasa lebih ringan.

 

  1. Mendukung satu sama lain

Berbincang mengenai hal apa yang menjadi interest atau kepentingan yang sedang dilakukan oleh masing-masing anggota keluarga dan cobalah untuk memahami hal tersebut. Kemudian belajar untuk selalu saling memberikan dukungan sebanyak mungkin dalam keadaan menyenangkan maupun kurang menyenangkan yang sedang dialami.

 

  1. Istirahat, me time!

Berkumpul dengan keluarga tentunya merupakan hal yang penting untuk dilakukan, namun ternyata waktu untuk diri sendiri pun juga sama pentingnya. Me time dilakukan sebagai waktu para anggota keluarga mengisi energi mereka kembali. Saat melakukan me time, lakukanlah hal-hal yang Anda sukai. Jika Anda memiliki hobi membaca buku, silahkan membaca buku. Jika Anda memiliki hobi mendengarkan music, silahkan mendengarkan music. Atau jika Anda hanya ingin istirahat, beristirahatlah. Jika energi dirasa sudah kembali penuh dan me time yang dilakukan sudah cukup, silahkan kembali berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama.

 

  1. Berkumpul dengan keluarga lain

Selain menjaga hubungan baik dan menghabiskan waktu bersama anggota keluarga sendiri, ternyata penting juga untuk melakukan “family gathering” bersama keluarga lain. Apa yang dimaksud dengan keluarga lain? Bisa jadi tetangga, keluarga teman Anda, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan aktivitas bersama-sama dengan keluarga lain, ikatan keluarga Anda pun secara otomatis akan menjadi semakin erat.

 

Tunggu apa lagi?

Jangan lupa untuk meluangkan waktu bagi keluarga dan diri sendiri secara seimbang.

 

Pada masa pandemi seperti ini, mungkin terdapat sebagian orang yang mendapatkan kesempatan lebih untuk berkumpul bersama keluarganya. Jika Anda termasuk dalam kategori tersebut, dapat dimaksimalkan untuk membangun waktu yang berkualitas. Di sisi lain pada saat yang bersamaan, terdapat juga sebagian orang yang belum mendapatkan kesempatan untuk kembali berkumpul bersama keluarganya. Jika Anda merupakan salah satu orang yang belum dapat berkumpul kembali bersama keluarga, janganlah terlalu bersedih. Manfaatkanlah teknologi yang serba canggih. Anda masih bisa mempererat hubungan keluarga dengan cara menelpon atau video call.

 

Love your family,

Love yourself.

 

Referensi:

American Psychological Association. (n. d). Family. In APA dictionary of psychology. Diperoleh dari: https://dictionary.apa.org/family

Witmer, D. (2020, March 4). How to strengthen family bonds. Diperoleh dari: https://www.verywellfamily.com/how-to-strengthen-your-familys-bond-ten-tips-2609591

 

Jurusan Psikologi BINUS