Statistik dalam Psikologi

Sebagai mahasiswa psikologi, tentunya tidak asing dengan yang dinamakan statistik. Sesuatu yang mungkin tidak semua mahasiswa psikologi sangka akan temukan di dalam jurusan. Tidak sedikit orang yang memilih jurusan psikologi memiliki harapan akan dijauhkan dari angka maupun hitung-berhitung.

Tetapi kenyataannya berbeda. Statistik sangatlah dibutuhkan di dalam dunia psikologi. Di ranah yang dimana kita dianjurkan untuk mengukur dan menjelaskan sesuatu yang tidak terlihat jelas ini, statistik menjadi suatu sarana yang dapat membantu kita mempermudah untuk melakukan hal tersebut.

Mengapa statistik diperlukan dalam jurusan psikologi?

  1. Mempermudah pengolahan data

Statistik membantu kita dalam menyajikan data dengan cara yang lebih mudah untuk dipahami. Tampilan visual seperti grafik, diagram, distribusi frekuensi memungkinkan kita untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan memudahkan kita untuk melihat pola tertentu yang dihasilkan oleh data yang diperoleh.

  1. Memberi gambaran mengenai data

Gambaran statistik menyediakan cara untuk meringkas apa yang terdapat dalam populasi tertentu. Misalnya berapa jumlah responden pria dan wanita atau berapa jumlah orang yang masuk ke dalam kategori usia remaja, dewasa dan lansia.

  1. Membuat kesimpulan berdasarkan data

Data statistik yang telah diolah akan menghasilkan kesimpulan yang nantinya akan mempermudah kita untuk menentukan apakah hipotesis dari penelitian tersebut harus diterima atau ditolak.

Walaupun mungkin tidak semua mahasiswa jurusan psikologi menganggap statistik merupakan suatu hal yang mudah, tetapi kita harus tetap mencoba untuk memahaminya. Jika dilihat dari ketiga poin diatas, statistik hadir bukan untuk mempersulit, melainkan mempermudah.

Jadi, mari mencoba untuk menerima fakta tersebut dan last but not least, selamat belajar!

 

Referensi:

Cherry, K. (2020, April 21). Why are statistics necessary in psychology?. Diperoleh dari: https://www.verywellmind.com/why-are-statistics-necessary-in-psychology-2795146

 

Jurusan Psikologi BINUS